Rp 139 Miliar dari Pariwisata

Para pelaku industri pariwisata di Kota Palembang saat melakukan apel pagi aksi bersih-bersih. (foto-ist)

Palembang, KoranSN

Industri pariwisata saat ini menjadi penyumbang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tertinggi. Dari aktifitas industri perhotelan dan restoran, yang jumlahnya capai 153 hotel dan sekitar 700-an restoran di Palembang dapat menyumbang PAD sekitar Rp 139 miliar. Hal tersebut dikatakan Ketua Persatuan Hotel Restoran Indonesia (PHRI) sumsel, Herlan Aspiudin di sela-sela aksi bersih-bersih dari halaman Monpera hingga kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Rabu (27/9/2017).

Sebagai penyumbang PAD tertinggi dikatakannya, sudah sewajarnya sektor pariwisata ditingkatkan. Karena itu dalam rangka memperingati Hari Pariwisata sedunia PHRI mengerahkan 1300 anggota dan pengurus untuk melakukan “operasi semut” dengan memungut sampah mulai pukul 06.00-08.00 WIB kemarin.

“Mungkin selama ini kita hanya mengandalkan pemerintah saja untuk membersihkan kota kita terutama tempat-tempat wisata yang banyak dikunjungi. Namun kemarin, kita juga ingin berpartisipasi agar Kota Palembang semakin bersih sehingga akan banyak turis yang datang ke Palembang jika kota kita bersih dari sampah,”tuturnya.

Baca Juga :   Di Daira Hotel, Member Fitness Gratis Renang

Untuk membersihkan menurutnya, bukan hanya tugas pemerintah saja namun semua pihak terutama masyarakat dituntut kesadarannya untuk turut serta menjaga dan membersihkan kotanya sendiri. Apalagi Sumsel menjadi salah satu tuan rumah pelaksanaan event internasional, Asian Games tentu saja Palembang akan menjadi wajah dunia karena dilihat semua peserta Asian Games yang datang.

“Kegiatan bersih-bersih akan rutin kita gelar, itu adalah bentuk nyata yang dapat kami lakukan sebagai pelaku industri pariwisata. Ini dapat memotivasi semua pihak agar melakukan kegiatan serupa sehingga Palembang terlihat bersih,”tuturnya.
Menurutnya, selama ini di beberapa kawasan di Kota Palembang masih banyak ditemukan sampah yang menumpuk. Kondisi tersebut harus menjadi perhatian bersama dan pemerintah perlu menambah personil agar sampah-sampah yang menumpuk di beberapa sudut Kota Palembang terangkut semua sehingga Palembang benar-benar menjadi kota bersih dan Zerro sampah di jalanan protokol. (ima)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkeu: RI Naik Status Merupakan Modal Menuju Negara Maju

Jakarta, KoranSN Kementerian Keuangan mengatakan Indonesia yang naik status sebagai negara berpendapatan menengah atas, dari …