Home / Lacak / Rumah Dilalap Api, Maulin Menangis Histeris dan Pingsan

Rumah Dilalap Api, Maulin Menangis Histeris dan Pingsan

Tampak api membakar rumah milik Maulin di Dusun Gunung Ibul Prabumulih, Minggu (22/4/2018). (foto-andifatra/koransn.com)

Prabumulih, KoranSN

Maulin (33), warga Dusun Gunung Ibul RT 2 RW 01 Kelurahan Gunung Ibul Kecamatan Prabumulih Timur Kota Prabumulih menangis histeris lalu pingsan saat melihat rumahnya beserta isi dilalap api yang besar, Minggu (22/4/2018) sekitar pukul 17.15 WIB.

Beruntung tidak ada korban jiawa dari kejadian ini, namun hanya dalam hitungan menit rumah korban habis terbakar.

Suprianto alias Alex (38), suami Maulin mengaku, ketika kejadian dirinya tengah berada di luar rumah. Begitu mendapat kabar rumahnya terbakar ia langsung bergegas pulang.

“Sudah terbakar semuanya, tinggal puing-puing saja. Saat kejadian saya sedang berada di Karang Rejo, ada pekerjaan. Isteri saya (Maulin) juga saat kejadian sedang berada di rumah tetangga yang hanya berkelang dua rumah. Jadi tidak sempat menyelamatkan barang-barang, hanya tinggal pakaian yang ada di badan saja,” ungkapnya seraya mengaku, kalau mengalami kerugian sekitar Rp 120 juta.

Marsudandi yang merupakan warga sekitar dan juga saksi mata kebakaran tersebut mengatakan, saat kejadian isteri korban berteriak minta tolong, sehingga warga ramai berdatangan dan membantu memadamkan api yang terus membesar dengan peralatan seadanya.

“Saat kejadian, isteri pemilik rumah berteriak minta tolong padamkan api yang membakar rumahnya. Tidak lama kemudian, warga ramai-ramai datang dan membantu memadamkannya,” ujarnya.

Menurut dia, api dengan mudah melahap rumah korban, lantaran bangunannya terbuat dari kayu dan papan.

“Sekitar setengah jam kemudian, barulah satu unit mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi. Tapi sayangnya, api sudah berhasil dipadamkan warga,” katanya.

Sementara itu, Hendra (34), warga lainnya mengatakan, informasi yang diterimanya, penyebab kebakaran sementara diduga karena konsleting listrik.

“Korban tidak sempat nyelamatkan apa-apa, semua harta bendanya terbakar. Tapi untuknya tidak ada korban jiwa, hanya barang berharga saja yang terbakar, karena seluruh penghuni rumah sedang berada di luar saat rumahnya terbakar,” jelasnya.

Terpisah, Camat Prabumulih Timur, A Fauzan Akmal membenarkan adanya musibah kebakaran tersebut, dan dirinya telah melaporkannya ke pihak Dinas Sosial (Dinsos). Rencananya, kata Fauzan, akan diusulkan bantuan untuk meringankan beban warganya yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

“Begitu dapat kabar kebakaran, saya langsung ke lokasi untuk meninjaunya. Kita akan usulkan untuk diberi bantuan melalui Dinsos,” janjinya.

Kapolres Prabumulih Timur, AKBP Tito Travolta Hutahuruk SIK melalui Kapolsek Prabumulih Timur, AKP Hernando mengaku, pihaknya telah menerima laporan kebakaran tersebut, dan sudah mengecek ke lokasi kejadian.

“Untuk mengetahui penyebab kebakaran, sejauh ini masih kita selidiki. Jadi belum bisa diketahui secara pasti apa penyebabnya, tetapi ada dugaan dikarenakan konsleting listrik, tetapi itu belum bisa dipastikan,” ucapnya. (and)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Oknum Kades Geramat Tertangkap OTT Sat Reskrim Polres Lahat

Lahat, KoranSN Oknum Kepala Desa (Kades) Geramat Kecamatan Merapi Selatan Kabupaten Lahat berinisial ‘AK’ tertangkap ...

error: Content is protected !!