Rusia Mundur dari Perundingan Jatuhnya Pesawat MH17

Dokumen foto potongan bangkai pesawat Malaysia Airlines MH17 yang jatuh ditembak terlihat di desa Petropavlivka, Donetsk, Ukraina. (foto-antaranews)

Moskow, KoranSN

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Kamis mengatakan mundur dari perundingan jatuhnya pesawat MH17, milik Malaysia Airlines, dengan Belanda dan Australia, seraya menuding bahwa kedua negara tersebut enggan memastikan apa yang sebenarnya terjadi.

MH17 sedang dalam perjalanan dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur ketika ditembak jatuh oleh rudal yang berasal dari wilayah kekuasaan pemberontak pro-Rusia di Ukraina timur, menurut penyelidik internasional. Seluruh 298 orang di dalam pesawat tewas seketika.

Setelah bertahun-tahun mengumpulkan bukti, Tim Investigasi Gabungan pimpinan Belanda (JIT) tahun lalu mengungkapkan bahwa peluncur rudal yang digunakan untuk menghantam pesawat sipil itu berasal dari pangkalan militer Rusia, tepat di seberang perbatasan.

Baca Juga :   Indonesia-Australia akan Kirim Pasukan Pemelihara Perdamaian ke Mali

Kementerian Luar Negeri Rusia mengaku keputusannya untuk mundur dari perundingan tersebut terjadi sebagai respons terhadap sikap pemerintah Belanda, yang mengajukan tuntutan terhadap Moskow di Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa pada Juli tahun ini.

“Tindakan tak bersahabat semacam itu dari Belanda membuat upaya melanjutkan pembicaraan tripartit menjadi tidak berarti,” menurut pernyataan kementerian, yang menyebut investigasi pimpinan Belanda “bias, direkayasa dan dipolitisasi.” HALAMAN SELANJUTNYA >>

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

PM Muhyiddin Didesak Mundur Setelah Raja Tolak Usulan Status Darurat

Jakarta, KoranSN Perdana Menteri Malaysia didesak mundur oleh sejumlah kelompok masyarakat setelah Raja Al Sultan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.