Home / Internasional / Rusia Tolak Peran AS Dalam Pembicaraan Konflik Ukraina

Rusia Tolak Peran AS Dalam Pembicaraan Konflik Ukraina

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mendengarkan keterangan saat pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di sela agenda Sidang ke-74 Majelis Umum PBB (UNGA) di Kota New York, New York, Amerika Serikat. (foto-antaranews)

Moskow, KoranSN

Pemerintah Rusia pada Selasa (8/10/2019) menolak rencana keterlibatan Amerika Serikat dalam pembicaraan terkait penyelesaian konflik antara pemerintah Ukraina dengan kelompok separatis pro-Rusia di bagian timur Ukraina.

Juru bicara pemerintah Rusia, Dmitry Peskov menyatakan, bahwa tidak ada dukungan untuk rencana keikutsertaan AS dalam format Normandy atau kelompok empat negara yaitu Rusia, Ukraina, Jerman, dan Prancis yang khusus menangani masalah di Ukraina Timur itu.

Baca Juga :   Dua Mahasiswa Indononesia Meninggal Tenggelam di Sungai Nil

“Pandangan tentang AS yang pada akhirnya harus bergabung dengan format Normandy tidak mendapat dukungan,” ujar Peskov.

Terobosan diplomatik pada pekan lalu berpotensi membuka kesempatan bagi negara-negara itu untuk melangsungkan pertemuan internasional yang bertujuan untuk mencari jalan keluar dari perselisihan tersebut.

Namun, Peskov juga menyebut bahwa AS masih bisa memanfaatkan pengaruhnya di Ukraina. Hal itu untuk merespon komentar Presiden Belarus Alexander Lukashenko yang menyebut konflik Ukraina tidak mungkin bisa diselesaikan tanpa campur tangan AS.

“Bagaimanapun, AS tentu saja bisa menggunakan pengaruhnya di pemerintahan Ukraina dalam rangka memastikan bahwa negara itu tetap mematuhi kewajiban di bawah Protokol Minsk sesegera mungkin,” kata Peskov menambahkan dengan merujuk perjanjian damai tahun 2015 itu. (Antara/Reuters/ded)

Baca Juga :   Al-Jaafari: Pembebasan Golan Dari Pendudukan Israel Adalah Prioritas

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Saudi Akan Buka Zona Logistik di Jeddah Untuk Penanam Modal Swasta

Riyadh, KoranSN Pemerintah Arab Saudi berencana membuka zona logistik baru di Kota Jeddah yang memperbolehkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.