Safari Ramadhan, Alquran Akbar Ramai Pengunjung

Salah satu pengunjung Bayt Alquran Al Akbar, Tiara Puswari (30), warga Perum Sako, saat sedang membaca Alquran raksasa di kawasan Gandus Palembang. (foto-reigan/korasn.com)

Palembang, KoranSN

Salah satu tempat wisata religi di Kota Palembang, Bait Alquran Al Akbar yang berada di kawasan Komplek Pondok Pesantren (Ponpes) Modern IGM Al Ihsaniyah, Kecamatan Gandus Palembang, mengalami peningkatan jumlah pengunjung, khususnya pada bulan puasa dalam rangka safari Ramadhan.

Menager Pengelola Bait Alquran Al Akbar, Hadi Saputra mengatakan, jumlah pengunjung yang datang pada bulan Ramadhan cukup berbeda dibandingkan dengan hari biasanya, di hari-hari biasa jumlah pengunjung hanya disekitaran 75 hinga 100 orang perhari, sementara di bulan ramadhan ini berjumlah 100 sampai 200 orang perhari.

Namun, lanjut Hadi, peningkatan jumlah pengunjung tersebut, bukan pada setiap hari saat bulan Ramadhan, melainkan pada hari-hari tertentu saja, misalnya hari libur atau akhir pekan.

“Peningkatan jumlah pengunjung ini hanya terjadi di hari libur saja apalagi menjelang akhir pekan, dihari biasa jumlahnya standar seperti pada bulan lainnya,” ungkapnya, Minggu (4/6/2017).

Baca Juga :   Panglima TNI dan Kapolri Safari Ramadhan di Korem 043/Gatam Lampung

Ia menambahkan, puncak ramainya para pengunjung biasanya terjadi pada Hari Raya Idul Fitri hinggi H+3 Idul Fitri.
Namun peningkatan pasti terjadi sebelum hari raya tiba.

“Biasanya mulai H – 5 menjelang lebaran, tempat ini pasti akan lebih ramai, hal tersebut sama seperti tahun krmarin dan tahun-tahun sebelumnya juga seperti itu,” imbuhnya.

Ia menambahkan, jumlah pengunjung diperkirakan terus bertambah sampai menjelang hari Raya Idul Fitri serta ditambah dengan anak sekolah yang sedang libur.

Bagi pengunjung yang ingin datang untuk melihat Alquran raksasa, pengunjung hanya dikenakan biaya lima ribu rupiah, biaya tersebut akan dijadikan uang kas yang akan digunakan untuk biaya perawatan Alquran dan untuk operasional.

“Biaya itulah yang nantinya akan kita gunakan untuk biaya perawatan ataupun operasional lainnya,” tuturnya.

Sementara, Etty Meyla (30), warga Kecamatan Plaju, mengaku sengaja datang untuk melihat Alquran raksasa pada bulan puasa sekaligus dijadikan tempat menghabiskan waktu yang bermanfaat dengan ngabuburit sambil membaca ayat Alquran.

Baca Juga :   Natal di Sumsel Aman dan Kondusif, Gubernur Sambangi Kediaman Uskup Agung

“Ini safari ramadhan sekaligus bisa menjadi wisata yang berpahala, dengan kita mengunjungi Alquran raksasa ini, secara tidak langsung orang bisa langsung membacanya,” tandasnya.

Ia melanjutkan, selain bisa dikunjungi dan dijadikan tempat belajar, tembat wisata ini juga bagus untuk dijadikan latar belakang memilih momen berfoto.

“Selain nyaman dan tentram tempat ini juga bisa kita jadikat sport berfoto dengan latar belakang Alquran raksasa,” tutupnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Alumni Fahum UIN Raden Patah Palembang Harus Gali Potensi Diri

Palembang, KoranSN Alumni Fakultas Adab dan Humaniora (Fahum) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang …