Sambut Asian Games, Pemkot Palembang Sediakan Hotel Kapal Perang

H Harnojoyo. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Meskipun perhelatan akbar Asian Games bisa dikatakan masih cukup lama, yaitu pada Agustus tahun 2018 mendatang. Namun, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang terus terbenah dengan menata dan merencankan hal menarik untuk mendapat perhatian turis yang akan hadir. Seperti menyediakan kapal perang yang akan disulap seperti hotel di perairan Sungai Musi.

Walikota Palembang, H Harnojoyo, Minggu (15/7/2017) mengatakan, lokasi kapal perang ini nantinya akan disandarkan di kawasan yang memiliki nilai bersejarah di Kota Palembang, seperti Sungai Sekanak. Karena kawasan tersebut dinilah 80 persen bangunannya memiliki sejarah panjang.

“Kita akan menyediakan kapal perang sifatnya seperti houmestay (rumah tinggal) yang fasilitasnya tidak kalah dari hotel berbintang lainnya di Kota Palembang, ini kita lakukan agar memberikan kesan berbeda kepada wisatawan yang berkunjung ke kawasan Sungai Musi. Kapal perang tersebut
bersejarah, kapal yang digunakan puluhan tahun lalu oleh TNI untuk mengamankan Negara Indonesia. Jadi sesuai dengan program Sekanak Kerihin (Sekanak tempo dulu),” ungkap.

Baca Juga :   Warga Gandus Keluhkan Jalan Rusak

Dilanjutkan Harnojoyo, pada tahun 2018 mendatang diperkirakan jumlah wisatawan yang akan hadir di Palembang mencapai 28000 jiwa, sementara untuk kamar hotel-hotel yang berada di Kota Palembang jumlahnya kurang lebih 7000 kamar.

“Sedangkan untuk kapal perang ini memiliki kapasitas sampai 500 kamar. Jadi mudah-mudahan bisa mengurangi untuk menampung jumlah para pelancong yang ingin menikmati wisata di atas Sungai Musi. Jadi sebelum kita bergoyang, nanti kapal kita ini sudah bergoyang duluan,” jelas Harnojoyo
seraya mengumbar candaan.

Bahkan saat ini, lanjut Harnojoyo, surat yang diajukan pihaknya melaui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palembang bersama pihak pengembang sudah ditandatangani oleh kepada TNI AL.

“Surat kita mendapat persetujuan yang baik dari TNI, semoga secepatnya bisa disediakan, karena hotel di atas sungai berbentuk kapal ini kita sediakan agar dapat memberikan kesan yang menarik dan berbeda dengan kota lainnya, karena berada di atas sungai. Mudah-mudahan, kapal ini banyak peminatnya,” jelasnya.

Baca Juga :   Harnojoyo: OPD Jangan Hanya Bergantung Pada APBD

Ia menambahkan, selain menyediakan hotel kapal perang, Pemkot Palembang juga sudah memiliki dua kapal yang juga untuk digunakan sebagai kunjungan wisata di seputaran Sungai Musi.

“Kita juga sudah mendapat dua kapal anti tenggelam dari PT Aquatech. Kapasitasnya 12 sampai 15 penumpang, kapal ini nantinya digunakan untuk melihat wilayah pinggiran Sungai Musi,” tandasnya. (rgn)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

40 Mahasiswa SPI Fahum UIN Raden Fatah Belajar Buat Tanjak

Palembang, KoranSN Workshop “Mengenal Karya Seni Lokal Palembang” Penerapan Mata Kuliah Dokumenter Sejarah Prodi Sejarah …