Sambut Bulan Suci, Ribuan Umat Islam Ziarah Kubro

Ziarah Kubro

Palembang, SN

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1436 H atau 2015 M, ribuan umat Islam Kota Palembang menziarahi Makam Kambang Koci tepatnya di komplek peti kemas PT Pelindo Palembang, Minggu (14/5).

Tidak hanya dari Sumsel, peziarah juga datang dari berbagai provinsi seperti Lampung, Jambi, Bengkulu, Aceh Sumut, hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan ada yang datang dari manca negara, seperti Malaysia, Thailand, Kota Madinah, Mekah, Kota Tarim dan Hadratul Maut (Yaman) dan berbagai kota di dunia untuk berziarah dengan maksud mengambil berkah dan semata-mata ibadah dengan menziarahi makam ulama dan aulia yang ada di Kota Palembang.

Tampak Hadir dalam acara Tersebut, Ketua Atau Pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Mohammad Riziq bin Ja far, Ulama’ besar Kota Madinah Habib Umar bin Adruahman Al Jufri, Rois Toriqoh Indonesia Habib Zen Umar bin Smit, Al Habib Ali Idrus dari Kota Malang, Hb Ahmad Noval bin Abdullah, Abdullah Bagir bin Ahmad al Atas.

Dari Yaman, Habib Murtado bin Tohir, Tak ketinggalan keturunan Raja Palembang Sultan Mahmud Badaruddin II yakni Sultan Mahmud Iskandar Muda dan sultan Prabu Diraja.

Panitia pelaksana sekaligus mewakili Yayasan Kambang Koci Palembang Habib Umar Bin Abd Aziz mengatakan, ziarah ke makam para Ulama merupakan syi’ar Islam dan menjadi sebuah amal ibadah bagi keyakinan Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.

Baca Juga :   Kombes (Purn) Soesilo & AKBP Syaiful Terdakwa Dugaan Suap Penerimaan Anggota Polda Sumsel Didakwa Pasal Berlapis

“Selamat datang, para peziarah ulama’ aulia Kambang Koci Palembang, Berziarah adalah perintah Rosulullah. Kita diperintahkan untuk berziarah ke kuburan, dan kita dilarang meminta sesuatu kepada kuburan,” katanya.

Habib Umar mengatakan, orang yang pertama kali mementingkan kuburan, adalah akidah sahabat, zaman kholifah Umar. Dalam Sahih Bukhori ketika Khalifah Umar Ibn Khatab hendak sholat subuh ditikam oleh Abu Lulu seorang Majusi.

“Umar saat ditikam, meminta disampaikan salamnya kepada umul mukminin (Aisyah), nanti kalau aku mati ingin dikuburkan disamping Rasulullah, Dan hingga saat ini Khalifah Umar Bin Khatab dimakamkan disamping Rasullullah SAW,” katanya.

“Jelas bahwa orang yang menganggap kuburan pun ada keberkahan minta dikebumikan, bahwa Aisyah (Istri Rosul) ingin sisa tanah kamarnya dijadikan kuburannya, dikebumikan di samping rosulullah,” tambahnya.

Sementara Habib Muhammad Riziq Bin Ja’far mengatakan, ziarah merupakan bukti cinta kepada nabi, kepada sahabat, salaf, ulama, guru.

“Kita ekspresikan bukti kecintaan kita kepada Nabi kita, para sahabatnya, keluarganya, tabi’in, Ulama dan guru kita, orang tua kita, semua itu bukti syukur dan terimakasih atas jasa dan perjuangannya,” jelas Habib.

Baca Juga :   Usai Diperiksa, Bupati Empat Lawang HBA dan Istri Ditahan KPK

Menurut Habib Riziq, di dunia Islam ada dua kelompok yang sesat, Kelompok pertama membenci keluarga Nabi SAW dengan memuji sahabat nabi, mereka pura-pura memuji sahbat sementara mereka menghina nabi.

Kelompok ke dua, mereka pura-pura cinta kepada Nabi dan cucu Nabi keluarganya, tetapi mereka hinakan sahabat nabi. “Kedua kelompok ini kita anggap sesat, dan salah,” jelas Habib Riziq.

Al Imam Habib al Hadad mengatakan, dua kelompok ini seperti kotoran onta yang dibelah dua bagian, jadi kalau ada orang cinta nabi tapi benci sahabat, dan kalau ada orang yang sebaliknya. yang demikian itu adalah ibarat kotoran unta.

“Kita wajib bersyukur, ziarah bukti rasa senang kita, kepada para auliya ulama, bahkan wajib kita untuk mengenang, atas yang mereka perjuangkan dan wajib kita syukuri,” tutup Habib Riziq. (sir)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pembobol Rumah Ishak Mekki di Dr Cipto Pemain Lama, Polisi Kejar Pelaku

Palembang, KoranSN Kapolsek IB II Palembang, AKP M Ikhsan, Jumat (25/9/2020) mengatakan, pelaku yang membobol …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.