Home / Gema Sriwijaya / Sambut Hari Kartini, Gelar Lomba Senjang dan Melukis

Sambut Hari Kartini, Gelar Lomba Senjang dan Melukis

Suasana pembukaan gelar lomba senjang dan melukis bagi anggota DWP Perangkat Daerah dan Kecamatan Kabupaten Muba. di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Rabu (18/4/2018). (foto-sumantri/koransn.com)

Sekayu, KoranSN

Menyambut peringatan Hari Kartini tahun 2018 tepatnya jatuh pada tanggal 21 April mendatang, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Muba gelar lomba senjang dan melukis bagi anggota DWP Perangkat Daerah dan Kecamatan Kabupaten Muba. Acara berlangsung di Pendopoan Griya Bumi Serasan Sekate, Rabu (18/4/2018).

Penasehat DWP Kabupaten Muba, Susy Imelda Beni mengatakan, lomba senjang dan melukis ini untuk melestarikan kebudayaan di Muba.

“Lomba Senjang ini, ibu-ibu jadi merasakan bagaimana sulitnya bersenjang, menyampaikan lirik dengan nyanyian dan sedikit tarian. Adapun melukis gambar RA Kartini karena kami anggap salah satu bentuk penghargaan atas perjuangan Kartini untuk pembebasan kaum wanita kita dari kegelapan. ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’, maknanya kita bebas bekarya, bisa punya wawasan luas dan mampu berkompetisi maju bersama dengan kaum laki-laki dengan tidak melupakan kodrat kita sebagai perempuan,” kata Susy saat membuka lomba Senjang dan Melukis dalam rangka peringatan Hari Kartini.

Seemntara menurut laporan Ketua DWP Kabupaten Muba selaku Ketua Pelaksana, Hj Asna Aini Apriyadi menjelaskan, tujuan diadakannya lomba senjang dan melukis dalam rangka memperingati hari Kartini ialah memberikan pemahaman semua unsur dalam keutamaan gender, sehingga hak-hak karya wanita di Indonesia bisa terjamin, khusunya wanita di Kabupaten Muba menjadi mandiri dan berkualitas.

“Tujuan lomba ini ialah untuk menjaga Keberagaram budaya yang ada, baik di Indonesia khususnya di Kabupaten Muba, kemudian perlunya menjaga kesatuan dan kekompakan sehingga keragaman tetap terjaga, budaya sendiri tetap bermakna serta menumbuhkan kesadaran bahwa kaum perempuan bisa maju dan mandiri dengan tidak melupakan kodratnya,” jelasnya.

Adapun peserta senjang berjumlah 60 orang terdiri 45 perwakilan OPD dan 15 kecamatan, sedangkan lomba melukis berjumlah 140 orang, terdiri dari 125 perwakilan OPD dan 15 Kecamatan dalam lingkungan Pemkab Muba. (tri)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Si Jago Merah Hanguskan 6 Bedeng Milik Warga Dempo Reokan Pagaralam

Pagaralam, KoranSN Warga Dusun Dempo Reokan Kelurahan Pagaralam Kecamatan Pagaralam Utara heboh saat si jago ...

error: Content is protected !!