Home / Kota Musi / Satgas Karhutlah Berjibaku Padamkan Api di Desa Rasuan Darat OKI

Satgas Karhutlah Berjibaku Padamkan Api di Desa Rasuan Darat OKI


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Para anggota Satgas Karhutlah saat mendapatkan arahan. (Foto-Humas Kodam)

Palembang, KoranSN

Tindakan pencegahan merupakan inti dari pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Namun, saat kebakaran terjadi apapun harus dilakukan demi memadamkannya.

Seperti pemadaman api yang dilakukan oleh Tim Satgas Darat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) bersama Babinsa jajaran Kodim 0402/OKI, di Desa Rasuan Darat Kecamatan Madang Suku 1 Ogan Komering Ilir (OKI).

Berbagai kendala di lapangan tidak menyurutkan semangat para personel TNI dari Satgas Darat Karhutlah untuk melakukan pemadaman. Hari ini, Sabtu (21/7/2018) api sudah bisa dipadamkan, namun tim Satgas Darat masih melakukan pendinginan di lokasi yang terbakar.

Baca Juga :   Beri Izin Rekomendasi Tambang Illegal di Musi II, Camat & Lurah Diperiksa Polda

Berdasarkan informasi yang diterima dari Dandim 0402/OKI, Letnan Kolonel Inf Seprianizar bahwa lahan yang terbakar di Desa Rasuan Darat, Kecamatan Madang Suku 1, OKI seluas 4 hektar, yang merupakan tanah gambut milik masyarakat.

“Pemadaman dilakukan bersama oleh Satgas Darat Karhutlah dari Batalyon Raider 200/BN dibantu personel Babinsa dari Koramil jajaran Kodim 0402/OKI, Babinkamtibmas dan beberapa masyarakat. Upaya pemadaman dilakukan menggunakan mesin pompa air dan cara manual. Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Rasuan Darat ini diketahui sejak tadi malam sekitar pukul 22.00 WIB hingga 24.00 WIB,” katanya.

Dandim mengaku, cukup sulit untuk mematikan api, pemadaman awalnya tidak berjalan maksimal mengingat lokasi kebakaran sangat sulit dijangkau oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, ditambah dengan hembusan angin yang kencang serta kontur tanah gambut. Namun, sudah bisa diatasi berkat kerja keras dari tim Satgas Darat Karhutlah Sumsel.

Baca Juga :   Perbaikan Jembatan Jalan Musi Raya Barat Masih Menunggu Dana Lelang

Dandim berharap, semoga kebakaran lahan tidak terjadi lagi, tentunya dengan kerja sama semua pihak serta tim Satgas Karhutlah Sumsel yang selama ini telah berupaya dan bekerja keras siang dan malam berjibaku untuk memadamkan api agar tidak meluas.

Sampai saat ini penyebab terjadinya kebakaran masih diselidiki oleh pihak berwajib. Untuk mengantisipasi kembali terjadi kebakaran di lahan tersebut, saat ini personel Babinsa bersama Babinkamtibmas berjaga-jaga di sekitar lokasi kebakaran. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Polda Sumsel Siaga ‘People Power’, Puluhan Warga Berangkat ke Jakarta

Palembang, KoranSN Tekait rencana aksi ‘people power’ pada 22 Mei 2019 mendatang Polda Sumsel siaga …