Home / Kota Musi / Satgas Pangan Sumsel Kawal Mutu dan Harga Keret

Satgas Pangan Sumsel Kawal Mutu dan Harga Keret


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Niko Afinto. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Polda Sumsel telah membentuk Satgas Pangan yang khusus mengawal mutu dan harga karet para petani di Sumsel. Demikian dikatakan, Kasatgas Pangan Bareskrim Polri, Brigjen Pol Niko Afinto, Selasa (12/2/2019) usai membentuk Satgas tersebut di Mapolda Sumsel.

Diungkapkannya, Satgas Pangan Sumsel ini dibentuk setelah dilakukan rapat koordinasi bersama instansi terkait untuk mencari solusi masalah harga karet di Sumsel yang harga jualnya kini masih relatif rendah. Rapat tersebut juga merupakan sinergi antara Polri, pemerintah pusat dan pemerintah daerah guna mencari solusi untuk mensejahterakan para petani karet di Sumsel.

“Pada rapat koordinasi itu, juga ada pihak dari Gapkindo (Gabungan Perusahaan Karet Indonesia). Jadi bersama-sama kita kolaborasi hingga dibentuklah Satgas Pangan untuk mengawal mutu dan harga karet agar para petani karet kedepannya sejahtera,” ungkapnya.

Baca Juga :   Harnojoyo Audiensi dengan Forum CSR Kesos dan IPPWI

Masih dikatakannya, dalam Satgas tersebut bukan hanya ada personel dari kepolisian saja, melainkan juga ada petugas dari instansi terkait dari pemerintah daerah dan pihak perusahaan.

“Sementara untuk tugas kepolisian dalam Satgas ini, yakni memberikan edukasi dan penyuluhan kepada para petani. Selain itu, pihak kepolisian juga akan mengawal para petani agar tidak ada pihak-pihak tertentu yang mengambil keuntungan pribadi sehingga merugikan para petani karet,” jelasnya.

Menurutnya, Satgas yang dibentuk tersebut kedepannya juga akan diterapkan di Polda lainnya di Indonesia. Namun untuk saat ini, pihaknya baru membentuk Satgas tersebut di Sumsel.

“Kami memilih Sumsel yang pertama dibentuknya Satgas, karena Sumsel menjadi perhatian kami. Sebab, Provinsi Sumsel merupakan produser karet terbesar di Indonesia,” jelasnya.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Deras, Pasangan Musi Tetap Orasi

Lebih jauh dikatakannya, sementara untuk edukasi dan penyuluhan para petani Karet yang akan dilakukan oleh Satgas Pangan ini, yakni mengajukan pengadaan asam semut karet kepada pemerintah untuk para petani, kemudian berkoordinasi dengan para perusahaan karet untuk menyiapkan kendaraan penditribusian serta memperkecil mata rantai proses penjualan karet.

“Satgas ini juga akan memberikan penyuluhan kepada para petani, agar karet yang dijual sudah standar internasional. Dengan langkah-langkah tersebut, tentunya dapat meningkatkan mutu karet para petani, hingga harga jual karet menjadi tinggi, dan hasilnya dapat langsung dirasakan oleh para petani karet di Sumsel,” tutupnya. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Palembang Terima Penghargaan INAMICE

Palembang, KoranSN Pemerintah Kota Palembang mendapatkan penghargaan Indonesia Mice Exhibition and Conference (INAMICE) dari Kementerian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.