Kamis , Februari 21 2019
Home / Pesta Demokrasi / Satgas Polda Sumsel Antisipasi Kecurangan Pileg 2019

Satgas Polda Sumsel Antisipasi Kecurangan Pileg 2019

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat diwawancarai wartawan. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Polda Sumsel membentuk Satgas untuk mengantisipasi kecurangan pada pelaksanaan pemilihan legislatif (Pileg) 2019. Satgas yang dibentuk tersebut yakni Satgas Nusantara, Satgas Money Politik, Satgas Cyber Crime. Demikian dikatakan Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (4/10/2018).

Menurut Kapolda, selain mengantisipasi kecurangan, Satgas tersebut juga akan melakukan penegakan hukum pidana Pemilu dengan berkoordinasi bersama Banwaslu dan KPU Sumsel.

“Jadi Satgas yang kami bentuk ini selain untuk pencegahan juga untuk penindakan jika ditemukan pelanggaran pidana Pemilu. Bukan hanya itu, apabila ditemukan hate speech dan informasi hoax di media sosial maka Satgas Cyber Crime yang sudah kami bentuk juga akan melakukan penegakan hukum,” tegas Kapolda.

Baca Juga :   Bursah-Parhan Ajak Masyarakat Untuk Berwira Usaha

Masih dikatakan Kapolda, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 yakni Pilpres dan Pileg di wilayah Sumsel, pihaknya berikhtiar melakukan pengamanan agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan aman, tentram dan damai tanpa terjadi konflik.

“Walaupun secara nasional Provinsi Sumsel katagori sedang atau tidak rawan, akan tetapi Sumsel tidak aman. Sebab, dari evaulasi saat Pilkada serentak kemarin untuk Kabupaten Empat Lawang dan Lahat memilki potensi kerawanan,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, untuk itulah agar Pileg di Sumsel berjalan aman dan damai maka dirinya mengajak semua masyarakat, pimpinan partai, para calon legislatif (Caleg) dan semua stakeholder untuk menjaga kondusifitas di Provinsi Sumsel.

“Mari bersama-sama kita ciptakan pemilihan wakil rakyat di Sumsel yang bermartabat, dimana pelaksanaannya berjalan dengan aman dan damai. Sebab, pilihan boleh berbeda akan tapi silahturahmi tetap dijaga karena kita semua adalah Indonesia,” katanya.

Baca Juga :   Debat Kandidat Publik Pilwako Lubuklinggau Sukses

Lebih jauh dikatakan Kapolda, sedangkan untuk pengamanan Pemilu 2019 di Sumsel pihaknya mengerahkan 7.080 personel kepolisian yang akan disebar melakukan penjagaan.

“Ribuan personel kepolisian ini akan kami tempatkan menjaga 25.222 TPS yang ada di Sumsel. Selain itu, kantor-kantor pemerintahan dan objek vital juga akan dilakukan penjagaan dan pengamanan. Bahkan dalam pengamanan Pemilu 2019 ini, kami juga dibantu personel dari TNI dan instansi terkait,” tandas Kapolda. (ded)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPU Kota Palembang Rakit Ribuan Kotak Suara Kardus (Berita Foto)

Ketua KPU Kota Palembang Eftiani saat menunjukkan 1020 kotak suara kardus yang selesai dirakit untuk ...