Home / Gema Sriwijaya / Sawit dan Karet Muba Akan Diverifikasi

Sawit dan Karet Muba Akan Diverifikasi

Bupati Muba Dodi Reza Alex saat memberikan paparan pada FGD di Hotel Arista. (Foto-Sumantri/KoranSN)

Sekayu, KoranSN

Tak ingin isu deforestasi terus merugikan petani sawit dan karet di Indonesia khususnya di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin terus melakukan perlawanan terhadap kampanye negatif komoditas sawit dan karet di Muba.

Setelah menjadi pembicara di rangkaian European Palm Oil Conference (EPOC) di Madrid beberapa waktu lalu, inisiator replanting kelapa sawit ini dengan lantang melawan kampanye negatif komoditas sawit yang dapat merugikan dan mengancam komoditas sawit.

Dalam kesempatan Diskusi Kelompok Terfokus (FGD) Peta Jalan Kegiatan Pengembangan Kelapa Sawit dan Karet Alam Berkelanjutan melalui VSA di Kabupaten Muba di Hotel Arista, Rabu (30/1/2019), Ketua Umum Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) ini mengatakan, bertahap akan merealisasikan percepatan pengembangan komoditas kelapa sawit yang diintegrasikan dengan verified source area (VSA) atau melakukan verifikasi di Kabupaten Muba.

“VSA adalah satu sistem dimana nanti semua komoditas sawit dan karet dari Muba akan terverifikasi, sehingga tidak bisa lagi pihak dari luar menyerang isu deforestasi dari hasil komoditas sawit di Indonesia khususnya di Muba,” tegas Dodi.

Baca Juga :   Waspada! Ulah Oknum Staf Ahli Gadungan

Lanjutnya, upaya VSA juga bagian dari komitmen Kabupaten Musi Banyuasin mengimplementasikan pembangunan yang sustanaible atau berkelanjutan utamanya di komoditas perkebunan sawit.

“VSA atau terverifikasinya sawit dan karet di Muba akan memberikan dampak yang sangat positif bagi petani swadaya, yang paling penting dampak yang dirasakan petani yakni harga dari komoditas sawit dan karet di Muba pasca terverifikasi nanti akan tinggi dan mensejahterahkan petani swadaya,” jelasnya.

Kandidat Doktor Universitas Padjajaran ini menambahkan, implementasi VSA di Muba nantinya akan menjadi pionir di Indonesia khususnya di komoditas sawit dan karet.

“VSA ini sudah dilakukan di Brazil tapi di implementasikan di komoditas daging sapi. Nah, untuk komoditas sawit dan karet nantinya Muba yang akan jadi pionir, kalau ini sudah diterapkan tentu petani sawit dan karet di Muba akan lebih sejahtera,” tuturnya.

Selain itu, Dodi menjelaskan Muba juga telah berhasil menjadi pilot project peremajaan perkebunan kelapa sawit petani swadaya di Indonesia.

“Jadi VSA ini bagian dari inovasi untuk terus komitmen mensejahterahkan petani swadaya, dan saya minta OPD terkait untuk secepatnya merealisasikan mengembangkan program VSA ini serta mensosialisasikannya,” ujarnya.

Baca Juga :   Sosialisasikan Bahaya HIV/AIDS Melalui Kompetisi Transgender

Staf Ahli Deputi II Kepala Staf Presiden, Abetnego Panca Putra Tarigan menuturkan upaya yang dilakukan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin sudah sangat tepat dan ini juga menjawab tantangan pasar komoditas sawit.

“VSA ini sangat mendukung program berkelanjutan dan lestari perkebunan sawit. Nah, saat ini justru banyak daerah berlomba-lomba meluaskan lahan tapi mengenyampingkan upaya pembangunan hijau berkelanjutan dan lestari, tapi Muba ini berbeda dengan komitmennya untuk mengimplementasikan sustanaible,” jelas Abetnego.

Sementara itu, Perwakilan Yayasan Inisiatif Dagang Hijau (IDH), Dr Fitrian Ardhiansyah menyebutkan pihaknya sangat optimis dan akan mendukung upaya dari implementasi Bupati Muba untuk merealisasikan VSA bagi perkebunan sawit dan karet.

“Kami sangat berkeyakinan VSA ini akan teralisasi dengan baik di Muba, dan Muba akan menjadi pionir dalam implementasinya,” pungkasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin turut didampingi Kepala Bappeda Muba Yusuf Amilin, Kepala DLH Muba Andi Wijaya Busro, Plt Kepala Dinas PUPR Herman Mayori, Kepala Dinas Perkebunan Iskandar, Kepala Dinas Perdagangan Zainal Aripin, Kabag Humas Herryandi Sinulingga AP, Kabag Protokol Muhammad Fariz SSTP MM, dan beberapa perwakilan Camat diantaranya Camat Sekayu, Camat Tungkal Jaya, Camat Sungai Lilin, Camat Lalan, Camat Sungai Keruh. (tri)

Konser Westlife di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Persempit Kejahatan di OKI, Polisi Gencar Razia Ranmor

Kayuagung, KoranSN Kepolisian Resort (Polres) Ogan Komering Ilir (OKI) melalui Satuan Lalulintas (Satlantas), rutin melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.