Home / Lacak / Saya Setor 93 Juta ke Agen Abu Tours, Tapi Belum Berangkat

Saya Setor 93 Juta ke Agen Abu Tours, Tapi Belum Berangkat

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Para calon jamaah umroh saat mendatangi kantor Abu Tours Jalan Inspektur Marzuki Pakjo Palembang beberapa waktu lalu. (Foto-Dedy/Dok/Koransn)

Palembang, KoranSN

Nurhaya (57), warga Jalan Karya Kelurahan Lebong Gajah Kecamatan Sematang Borang Palembang yang merupakan calon jamaah umroh melaporkan agen Abu Tours Palembang berinisial ‘DW’ (57 ke Polda Sumsel.

Kobran mengaku sudah menyetorkan uang Rp 93 juta atau Rp 93.500.000 kepada terlapor akan tetapi dirinya belum juga diberangkatkan umroh.

“Saya sudah setor Rp 93 juta kepada ‘DW’ yang merupakan agen Abu Tours Palembang, tapi sampai kini belum juga berangkat umroh,” katanya, Rabu (21/2/2018).

Dijelaskannya, jika semua uang tersebut diserahkan kepada terlapor untuk keberangkatan umroh dirinya dan empat keluarganya.

“Semua uang itu saya serahkan kepada ‘DW’ pada tanggal 18 Mei 2017. Saat itu terlapor ‘DW’ mengatakan, jika kami berlima yakni; saya, dua adik saya dan dua saudara ipar saya akan berangkat umroh melalui Kantor Abu Tours Palembang pada 10 Januari 2018. Namun saat jadwal keberangkatan tiba, terlapor selalu memundur-mundurkan waktu berangkat umroh, hingga sampai sekarang kami tidak juga diberangkatkan,” jelasnya.

Diungkapkannya, sebelum ia melaporkan terlapor ke Polda Sumsel, awalnya ia sudah beberapa kali menemui ‘DW’ guna menanyakan kepastian ia dan keluarganya berangkat umroh. Namun saat ditemui, ‘DW’ selalu bernada tinggi kepadanya dan terkesan menghindar.

“Setiap kami temui terlapor ini nadanya selalu tinggi dan mengatakan kepada saya, kalau sekarang dia juga lagi pusing. Bahkan saat saya mendapat kabar jika sudah banyak calon jamaah umroh yang melaporkan Abu Tours ke Polda Sumsel, saat itu saya mengajak terlapor ke Polda untuk membuat laporan dan menjelaskan ke polisi. Tapi terlapor ini malah menjawab, dia mau datang ke polisi kalau sudah dilaporkan. Karena terlapor menantang makanya saya melaporkannya,” tegasnya.

Dilanjutkannya, dengan telah membuat laporan ke Polda Sumsel dirinya berharap agar terlapor mengembalikan semua uang yang telah diserahkannya untuk berangkat umroh.

“Kalaupun tidak berangkat umroh, uang kami segera dikembalikan. Sebab, uang untuk umroh itu saya berikan langsung kepada terlapor, bukan ke Abu Tours Palembang. Untuk itulah wajar jika saya meminta terlapor mengembalikan uang tersebut,” tandasnya.

Diketahui laporan korban diterima petugas SPKT Polda Sumsel dengan nomor laporan: LPB/135/II/2018/SPKT. Adapun terlapornya yakni ‘DW’ (57), warga Jalan Musi Raya Barat Kecamatan Sako Palembang.

Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro mengatakan, laporan korban telah diterima dan akan ditindak lanjuti pihaknya dengan penyelidikan. Apabila nantinya penyidik mendapati bukti yang cukup maka terlapor dapat dijerat dengan Pasal 378 KUHP dan atau Pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penipuan dan penggelapan.

“Tentunya laporan korban yang melaporkan pihak agen dari Abu Tours Cabang Palembang akan kami proses dengan penyelidikan, sama seperti proses penyelidikan laporan calon jamah umroh yang melaporkan Abu Tours. Jadi laporan korban kami tindak lanjuti dengan penyelidikan,” katanya.

Masih dikatakan Suwandi, untuk penetapan tersangkanya akan dilakukan nanti, setelah penyidik selesai melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dan setelah dilakukannya gelar perkara.

“Jadi untuk tersangkanya nanti kita tetapkan, sebab saat ini kita masih melakukan penyelidikan awal. Apabila dalam proses penyelidikan ini ditemukan barang bukti, barulah ditetapkan tersangkanya,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, Senin sore (12/2/2018) pukul 17.00 WIB, penyidik Subdit I Keamanan Negara Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Cabang Palembang Jalan Inspektur Marzuki, Pakjo Palembang.

Pemasangan garis polisi tersebut dilakukan guna kepentingan penyelidikan terkait sejumlah laporan para calon jamaah umroh yang telah membuat laporan ke SPKT Polda Sumsel.

Adapun laporan para korban diterima petugas dengan Nomor laporan No: LPB/188/ISI/2018/SPKT dengan terlapor Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makassar Sulawesi Selatan. (ded)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Tim Elang Ringkus Pencuri Sepeda Motor di PALI

PALI, KoranSN Tim Elang Polsek Talang Ubi berhasil meringkus Suparno alias Nyunyuk (29), warga Desa ...

error: Content is protected !!