SDM dan Peralatan Tera Minim, Kadisperindag Lahat Minta Bantuan ke Dirjen Metrologi

logo-kabupaten-lahat-sumselLahat, KoranSN

Pelayanan uji tera yang selama ini dilakukan di Provinsi Sumsel, kini dialihkan kewenangannya ke kabupaten/kota sesuai dengan Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Namun, hal ini dirasakan kabupaten/kota belum siap seperti Kabupaten Lahat mengingat Sumber Daya Manusia (SDM) dan peralatan uji tera yang masih minim.

Hal tersebut diakui oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lahat, Fikriansyah, Selasa (8/11/2016).

“Karena itu, langkah kami yakni berkoordinasi dengan Dirjen Metreologi untuk berkonsultasi serta meminta bantuan SDM dan peralatan uji tera ini,” katanya.

Dirinya mengakui untuk pembangunan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Metrologi itu sudah dibentuk tahun ini. Namun, terkendala pada SDM yang bertugas seperti petugas tera, pengamat tera dan fungsionalnya. Selain itu peralatan yang dimiliki tidak terlalu banyak hanya untuk tera pom bensin, tangki mobil pertamina serta timbangan di perusahaan tambang-tambang.

Baca Juga :   Lahat Bangun Underpass di Jalan HR Motik

“Nah seharusnya peralatan yang digunakan harus komplit, relatif canggih dan ini tentunya membutuhkan dana besar,” terangnya.

Untuk SDM sendiri, lanjut Fikriansyah, pihaknya juga telah menganggarkan untuk menyekolahkan beberapa SDM ke Bandung agar lebih memahami uji tera ini. Namun, sampai saat meski surat telah diedarkan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tetap saja belum ada yang berminat. Padahal, semuanya dibayarkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat.

“Karena itu, kami juga berkoordinasi dengan PT Pertamina agar pihak Pertamina menjamin distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak akan terhambat dikarenakan tera. Selain itu, pihak Pertamina juga meminta untuk sementara waktu untuk tidak dilakukan tera. Meskipun begitu, tetap dilakukan pengawasan,” terangnya.

Baca Juga :   Via Vallen Goyang Bersama Masyarakat Lahat

Dirinya menargetkan, uji tera ini baru dapat diberlakukan efektif dari kementrian yakni tahun depan. “Kami juga nantinya akan berkoordinasi dengan Kota Palembang yang saat ini relatif sudah siap terhadap pengalihan uji tera tersebut,” tandasnya. (rob)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Decky Canser

Avatar

Lihat Juga

Cik Ujang Sambangi Desa Kencana Sari

Lahat, KoranSN Bupati Lahat Cik Ujang.SH beserta rombongan melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka evaluasi dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.