Minggu , September 23 2018
Home / Gema Sriwijaya / Sebelum Mudik Lebaran, Perhatikan Dulu Keamanan Rumah

Sebelum Mudik Lebaran, Perhatikan Dulu Keamanan Rumah

Pj Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi saat menjadi Irup dalam gelaran Pasukan Ops Ketupat Musi 2018. (foto-rifat/koransn.com)

Lubuklinggau, KoranSN

Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar berpesan kepada masyarakat kota Lubuklinggau yang akan melakukan mudik agar memperhatikan keamanan rumah.

“Sebelum mudik, diperhatikan rumahnya, dicek dulu, kalau perlu dititip ditetangga,” kata Sunandar usai acara gelar pasukan operasi ketupat Musi 2018 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1439 H di Polres Lubuklinggau, Rabu (6/6/2018).

Selain itu, orang nomor satu di Polres Lubuklinggau itu juga meminta kepada masyarakat Lubuklinggau untuk tidak terganggu serta memikirkan masalah isu teroris. Dan meminta masyarakat agar tetap beraktivitas seperti biasa.

“Terakhir masalah isu teroris, tidak usah dipikirkan, aktivitas saja seperti biasa,” ungkapnya.

Lebih lanjut mengenai mudik dan selama pelaksanaan perayaan Idul Fitri, pihak Polres Lubuklinggau menggelar kegiatan operasi terpusat dengan sandi operasi ketupat Musi 2018. Kegiatan ini bertujuan, bagaimana mengamankan seluruh kegiatan sosial masyarakat selama perayaan idul fitri 2018.

Baca Juga :   Warga Pali Dihebohkan Suara Tembakan, Banyak Aparat Lengkap Bersenjata Laras Panjang

“Kita personel untuk mengamankan kegiatan ekonomi, arus mudik dan arus balik, kemudian kegiatan ibadah ataupun kegiatan wisata. Itu target kita,” katanya.

Dalam kegiatan pengamanan lebaran, pihak Polres juga berkoordinasi dengan Pemkot Lubuklinggau. Dimana dalam pengamanan lebaran, akan mendirikan dua pospam, satu rest area dan satu pos pelayanan.

“Ini akan kita gelar bekerjasama dengan pemkot,” timpalnya.

Sedangkan dalam hal lalu lintas untuk antisipasi kemacetan dalam kota, pihaknya akan melihat perkembangan situasi dilapangan.

“Ketika dibutuhkan, pasti kita alihkan. Tapi kalau tidak dibutuhkan, tidak perlu. Nanti kita lihat. Karena itu sifatnya tergantung dinamika dilapangan. Yang menjadi atensi kita tetap jalur utama yakni Jalan Yos Sudarso,” tegasnya.

Kabag Ops Polres Lubuklinggau, Kompol Yudha menambahkan, dalam pengamanan lebaran pihaknya menyiapkan 54 personel. Termasuk manyiapkan dua pospam di depan Hotel Ridan, Satu Posyan dibandara dan Satu Rest Area.

Baca Juga :   Hari Pertama Kerja Iskandar Pantau Layanan Publik

Sedangkan untuk pengamanan dikereta api, cukup isidenti dan tentatif. Disamping itu, pihaknya juga memperbolehkan masyarakat yang akan pergi mudik untuk menitipkan kendaraan roda duanya di Polres Lubuklinggau.

“Takut disimpan dirumah, boleh dititipkan di Polres Lubuklinggau, gratis,” ujarnya.

Sementara itu, Pj Walikota Lubuklinggau, H Riki Junaidi pada acara tersebut bertindak selalu Inspektur Upacara (Irup) menjelaskan, mengenai ketersediaan pangan jelang Idul Fitri di Lubuklinggau cukup.

Dan pihaknya nanti akan turun bersama-sama dengan satgas pangan untuk memastikan harga termnasuk ketersediaan pangan betul-betul ada dilapangan.

Mengenai kendaraan dinas boleh atau tidak dipakai mudik, Riki menjelaskan bahwa surat dari komisi pemberantasan korupsi sudah dikirimkan keseluruh jajaran pemerintah daerah. Untuk kendaraan dinas disarankan tidak digunakan untuk kegiatan mudik.

“Karena itu sudah bertentangan dengan ketentuan yang ada,” ujarnya. (rif)

Daftar Calon Tetap Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

1.945 Pedagang Direlokasi ke PTM 2

Prabumulih, KoranSN Sebanyak 1.945 pedagang yang biasa berjualan di Jalan M Yamin, Jalan Kelapa dan ...

error: Content is protected !!