Home / Politik dan Pemerintahan / Sekda Buka Bimtek dan Sosialisasi Layanan Aptika Terintegrasi

Sekda Buka Bimtek dan Sosialisasi Layanan Aptika Terintegrasi

Sekda Sumsel, H Nasrun Umar saat membuka kegiatan Bimtek dan Aptika Terintegrasi di Graha Bina Praja. (Foto-Humas Pemprov Sumsel)

Palembang, KoranSN

Sekda Sumatera Selatan (Sumsel) H. Nasrun Umar membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Layanan Aplikasi dan Telematika (Aptika) Terintegrasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Aplikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel di Graha Bina Praja, Senin (23/4/2018).

Sekda Nasrun Umar menyampaikan bahwa sosialisasi Layanan Aptika Terintegrasi ini adalah yang pertama diselenggarakan di Indonesia tepatnya di Sumatera Selatan, yang kemudian dilanjutkan oleh Jakarta, Malang, Bandung dan Surabaya.

“Yang pertama, kita semuanya sudah amat pahami yaitu e-commerce. Ada pergeseran perniagaan. Ada pergeseran perdagangan dari dunia offline menuju dunia online. Dunia dalam genggaman cukup dengan Smartphone semua bisa dilakukan dari belanja online, pesan makan, pesan transportasi, pesan tiket, pesan hotel sampai transaksi keuangan bisa dikerjakan,” tuturnya.

Dilanjutkannya lagi, Pemprov Sumsel kini sedang menyiapkan infrastruktur Cyber City, dimana masyarakat Kota Palembang dan Kabupaten/Kota lainnya nantinya dapat mengakses internet di beberapa tempat layanan masyarakat, seperti taman-taman kota tempat-tempat olahraga, bandara, pelabuhan, terminal bus, pusat-pusat modern, kampus, sekolah dan tempat wisata lainnya.

Di samping itu juga Pemprov Sumsel telah melaksanakan Inpres nomor 3 Tahun 2003 tentang e-Government dalam memberikan pelayanan prima berupa Pelayanan Publik Satu Pintu secara online, Layanan administrasi Pemerintah e-office, Plaza UMKM online serta menyiapakan Media Center sebagai pusat informasi Publik.

Sementara itu, Kasubdit Sektor Sekunder Badan Koordinasi Penanaman Modal Abdul Hanan menyampaikan bahwa dari Pemerintah Pusat diharapkan layanan perizinan dapat diurus dalam satu hari, bahkan dalam hitungan beberapa jam saja.

“Dari Kementerian Kominfo ada dua jenis perizinan, perizinan yang menggunakan sumber daya dengan perizinan membuka peluang usaha. Layanan lainnya adalah dalam bentuk evaluasi, dimana perizinan yang tidak membutuhkan sumber daya harus selesai dalam 1 hari atau paling lama 4 hari,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini turut hadir, Direktur E-Business Ditjen Aplikasi dan Telematika (Aptika) Kementerian Kominfo Azhar Hasim, Plt. Kepala Dinas Kominfo Prov. Sumsel Irnanda Karina Astari Fatma dan para peserta Bimtek dan Sosialisasi Layanan Aptika Terintegrasi. (ded)

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Ishak Mekki Dorong Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Prabumulih

Palembang, KoranSN Demi meningkatkan kualitas demokrasi dan kebijakan yang berpihak kepada masyarakat Sumatera Selatan (Sumsel), ...

error: Content is protected !!