Selewengkan Uang Pembayaran Dokter Spesialis RSUD OKUT, Dokter Dora Jadi Tersangka dan Ditahan

Tampak petugas saat akan membawa dr Dora Djunita Pohan ke ruangan pemeriksaan. (Foto-Ferdinand/Koransn)

Palembang, KoranSN

Mantan Plt Direktur RSUD OKU Timur (OKUT), dr Dora Djunita Pohan telah ditetapkan menjadi tersangka dan ditahan di Rutan Merdeka Palembang lantaran menyelewengkan uang pembayaran Dokter Spesialis di RSUD OKUT hingga menimbulkan kerugian negara.

Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi (Wakajati) Sumsel, Hari Setiyono mengungkapkan, dugaan kasus ini terjadi pada tahun 2014-2015 dimana saat itu dr Dora masih menjabat sebagai Plt Direktur RSUD OKU Timur.

“Ternyata alokasi dana untuk para dokter spesialis di RSUD ini ada yang diterima oleh para dokter spesialis, dan juga ada yang tidak. Sehingga dari audit BPKP, Pemkab OKU Timur mengalami kerugian negara sebesar Rp 540 juta lebih,” ungkapnya.

Masih dikatakannya, pada tahun 2016 dan 2017 kemudian Kejati Sumsel melakukan penyelidikan. Bahkan saat itu sudah 7 saksi yang telah diperiksa oleh jaksa penyidik.

Baca Juga :   Pembobol Toko Percetakan di Lahat Ditangkap

“Namun, saat penyidik memanggil dr Dora untuk diperiksa sebagai saksi, yang bersangkutan tak pernah hadir. Dari itulah dilakukan pemanggilan disertai penjemputan paksa terhadap dr Dora di Tangerang, kemudian dibawa ke Kejati Sumsel untuk dilakukan pemeriksaan guna melengkapi berkas perkaranya,” ungkapnya.

Lanjutnya, dari hasil pemeriksaan tersebut serta dengan barang bukti yang cukup maka jaksa penyidik Kejati Sumsel berkesimpulan menetapkan dr Dora sebagai tersangka dalam dugaan korupsi di RSUD OKU Timur.

“Jadi, dr Dora saat ini telah menjadi tersangka karena kami menilai sudah cukup bukti menaikan perkara ini dari penyelelidikan menjadi penyidikan,” pungkasnya.

Sementara Asisten Intel Kejati Sumsel, Deddy Suwardy mengatakan, setelah diamankan oleh pihaknya di Tangerang dan dilakukan pemeriksaan di Kejati Sumsel, Jumat pagi (23/3/2018) dr Dora dilakukan penahanan di Rutan Merdeka Palembang.

Baca Juga :   Polda Sumsel Bongkar Home Industry Pabrik Senjata Api

“Dari hasil pemeriksaan, pada pukul 09.00 WIB dr Dora ditahan di Rutan Merdeka Palembang,” tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, dr Dora Djunita Pohan ditangkap tim Kejagung RI dan Kejati Sumsel, Rabu sore (21/3/2018) di Tangerang. Lalu keesokan harinya, Kamis (22/3/2018) dr Dora diterbangkan ke Palembang untuk dilakukan pemeriksaan di Kejati Sumsel.

Setiba di Kejati, dr Dora dilakukan pemeriksaan selama 8 jam, kemudian Jumat dini hari (23/3/2018) Kejati Sumsel resmi menetapkan dr Dora sebagai tersangka dalam dugaan kasus korupsi di RSUD OKU Timur. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KPK Usut Dugaan Korupsi Pengadaan Mesin Giling PG Djatiroto

Lumajang, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengusut kasus dugaan korupsi pengadaan mesin giling di Pabrik …