Rabu , Desember 12 2018
Home / Kesehatan / Sendawa Berlebihan, Waspada Gejala Penyakit Berbahaya

Sendawa Berlebihan, Waspada Gejala Penyakit Berbahaya

Ilustrasi. (foto-net)

Bersendawa adalah peristiwa keluarnya gas dari dalam perut. Ini merupakan fungsi tubuh yang normal, terutama setelah makan besar. Tetapi bagaimana jika sendawa itu terjadi terus-menerus dan bahkan sulit dihentikan?

Bersendawa sendiri terjadi ketika udara keluar dari perut melalui mulut. Ini biasanya terjadi ketika perut dipenuhi dengan udara yang tertelan. Bersendawa adalah hal yang normal ketika Anda menelan udara dengan makan terlalu cepat atau minum-minuman bersoda.

Tapi jika bersendawa berlebihan, Anda harus waspada, karena bisa jadi, ini gejala adanya masalah kesehatan.

Berikut adalah lima kemungkinan penyebab sendawa yang berlebihan seperti dilansir Health24:

1. Ulkus peptikum

Ketika bersendawa juga disertai dengan nyeri tumpul kronis di perut, Anda mungkin memiliki ulkus peptikum. Ulkus peptikum merupakan luka pada lapisan mukosa duodenum (bagian atas dari usus kecil) atau lambung.

Ini terjadi ketika lapisan lendir pelindung di dalam perut terganggu dan kerusakan terjadi pada lapisan lambung, usus kecil atau esofagus oleh asam lambung.

Bersendawa adalah gejala tukak peptik, sebagai akibat dari asam yang bergerak ke esofagus.

Jika sendawa diiringi kram perut, mual, muntah dan kembung ekstrim, segera periksakan diri ke dokter. Banyak gejala yang disebabkan oleh ulkus peptikum dapat meniru kondisi kesehatan lain yang mendasarinya, oleh karena itu penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

2. Sindrom usus yang teriritasi (IBS)

IBS terjadi ketika ada iritasi kronis pada usus besar, menyebabkan diare, sembelit, kram perut, mual dan kembung yang berlebihan. Seringkali sulit untuk mendiagnosis IBS karena dapat menyebabkan beragam gejala. Bersendawa berlebihan dapat menandakan bahwa Anda menderita IBS, yang disebabkan oleh penumpukan gas yang berlebihan di perut.

Segera periksakan diri ke dokter jika bersendawa disertai gejala lainnya. Jika sendawa tak juga hilang setelah satu bulan, Anda harus curiga ada penyakit lain seperti IBS. Penting untuk melacak frekuensi gejala dan makanan apa yang Anda makan.

Baca Juga :   Patah Hati Sama Bahayanya dengan Serangan Jantung

3. GERD

GastroEsophagel Reflux Diseas (GERD) atau Refluks asid adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Kondisi ini menyebabkan bersendawa berlebihan karena tubuh terus berusaha membersihkan kerongkongan.

4. Penyakit celiac

Penyakit celiac adalah gangguan kekebalan kronis di mana usus kecil tidak dapat memproses gluten.

Seiring waktu, gluten dapat merusak lapisan usus kecil Anda, yang dapat menyebabkan refluks asam, menyebabkan bersendawa berlebihan.

5. Diabetes

Bersendawa dapat menandakan bahwa sistem pencernaan Anda lamban dan mengalami kesulitan memproses makanan, menyebabkan sejumlah besar gas. Hal ini juga dikenal dengan Gastroparesis, yaitu pencernaan yang tertunda, dapat menjadi efek samping yang umum untuk penderita diabetes.

Jika sendawa tak juga hilang dalam waktu yang lama, disertai gejala lain seperti kelelahan ekstrem dan kehausan, Anda perlu mengunjungi dokter untuk tes glukosa. Ini mungkin menunjukkan diabetes atau pra-diabetes atau diabetes tipe 2.(viva.co.id)

5 Khasiat Hebat Bawang Merah, Obati Jerawat hingga Cegah Kanker

Bawang merah merupakan salah satu rempah yang sering dipakai untuk bumbu masakan Indonesia. Bahan masakan ini juga rendah kalori, bebas lemak, mengandung antioksidan, vitamin, dan mineral.

Bawang merah diperkirakan berasal dari Tiongkok, Asia Tengah atau Asia Tenggara. Bahan ini sudah ada sekitar tahun 2000 Sebelum Masehi (SM). Bawang merah bahkan telah lama menjadi bahan pokok masakan Mediterania, Prancis, Amerika dan Belanda.

Selain membuat cita rasa masakan menjadi nikmat, bawang merah diyakini memiliki segudang manfaat, salah satunya mencegah kanker, baik untuk penderita diabetes, hipertensi dan mencegah radikal bebas.

Nah, agar lebih memahami manfaat baik dari bawang merah, berikut mitos dan faktanya seperti dipaparkan oleh spesialis farmakologi klinis, dr. Tulus satriasih Sp.FK., dalam program Ayo Hidup Sehat, Selasa (4/12/2018).

Baca Juga :   Posisi Seks Terbaik untuk Pria dengan Organ Intim 'Mungil'

1. Makan sate dengan bawang merah bisa cegah kanker

Meski bawang merah disebut-sebut bisa memicu bau mulut, penelitian menemukan bahwa ekstrak bawang merah memang dapat melawan kanker dibandingkan jenis bawang lainnya, seperti bawang putih.

Daging sate sendiri mengandung lemak serta proses pembakaran yang dapat memicu kanker. Di dalam bawang merah, terdapat zat anti-kanker yang jika dikonsumsi dengan sate, dapat mencegah timbulnya kanker.

2. Bawang merah bisa cegah masuk angin dan obati sakit perut

Bawang merah terbukti ampuh mencegah masuk angin. Terlebih, kandungan di kulitnya tinggi serat dan antioksidan sehingga sangat baik untuk mencegah masuk angin.

Namun, terlalu banyak konsumsi bawang merah malah bikin sakit perut. Disarankan cukup 2-3 siung bawang merah dengan 2 kali makan per hari.

Adapun pengolesan bawang merah dengan minyak, belum terbukti untuk mengobati sakit perut. Sehingga, untuk mengobati sakit perut, sebaiknya bawang merah dikonsumsi agar kandungan baiknya bisa memberi manfaat.

3. Mengobati jerawat

Faktanya, bawang merah memiliki kandungan organik sulfur, antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga dapat mencegah jerawat. Bisa diolah dengan cara diiris atau ditumbuk lalu dioleskan sedikit di sekitar jerawat.

4. Ampuh turunkan kolesterol dan tekanan darah

Menurut penelitian, bawang merah bekerja hanya sampai penurunan lemak jahat di tubuh. Sehingga, bawang merah belum terbukti ampuh menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

5. Kupas di sudut ruangan bisa kurangi penularan penyakit

Secara empiris (pengalaman), cara ini terbukti ampuh mencegah penularan penyakit. Ditambah, kandungan sulfur yang memicu bau menyengat dari bawang merah, terbukti ampuh sebagai anti-bakteri. (viva.co.id)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Menguak Bahaya Kesehatan di Balik Uap Vape

Selama ini, banyak orang menyebut bahwa rokok elektrik atau lebih dikenal dengan vape lebih aman ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!