Serang Kapal Awet Muda Kabur, Kapolda: Kami Cari Kemano Bae Kau Sembunyi

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (Foto-Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Pihak kepolisian saat ini masih memburu serang Kapal Motor (KM) merek Awet Muda yang kabur usai kapal tenggelam dihantam ombak di perairan Tanjung Serai Bagan 13 Banyuasin.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Jumat (5/1/2018) mengatakan, dari pemeriksaan terhadap kernet Kapal Motor Awet Muda bernama Somad diketahui jika setelah kapal tenggelam, serang kapal bernama Adi dan kernet kapal selamat. Namun untuk serang tersebut kabur usai kejadian.

“Hanya kernetnya yang diamankan usai kejadian, untuk serangnya melarikan diri. Dari itu kami cari kemano bae kau (serang) sembunyi. Kami himbau segera menyerahkan diri,” kata Kapolda.

Masih dikatakan Kapolda, meskipun kapasitas Kapal Motor Awet Muda tidak melebihi kapasitas, dimana maksimal penumpang 80 orang sedangkan saat kejadian hanya 55 orang penumpang serta kejadian tersebut karena faktor cuaca dan ombak yang tinggi. Namun, dalam kejadian ini, serang kapal tidak menyediakan alat keselamatan seperti pelampung dan life jacket (jaket pelampung). Dari itu serang kapal dinilai lalai.

Baca Juga :   Kantin Polda Sumsel Di-Police Line

“Apabila sudah diamankan nanti barulah serang kapal tersebut akan kami periksa, dan dalam kasus ini serang kapal terancam dipidana sesuai Pasal 359 KUHP tentang kelalaian serta juga dijerat Undang-Undang Pelayaran No 17 Tahun 2008,” tegas Kapolda.

Diungkapkan Kapolda, bahkan dengan adanya kejadian ini dirinya telah melapor ke Gubernur Sumsel, dan gubernur menyampaikan kepadanya akan mencabut izin kapal dan speedboat yang tidak memiliki alat keselamatan seperti Kapal Motor Awet Muda yang tenggelam tersebut.

“Jadi Pak Gubernur menyampaikan kepada saya akan mencabut izin kapal dan speedboat seperti Kapal Motor Awet Muda ini,” tandasnya.

Direktur Polair Polda Sumsel, Kombes Pol Robinson Siregar menambahkan, untuk kernet Kapal Motor Awet Muda hingga saat ini masih diperiksa penyidik di Mako Dit Polair Polda Sumsel.

“Sementara serang kapal yang awalnya dinyatakan hilang, ternyata pengakuan dari kernet kapal jika serang itu selamat. Untuk itu saat ini kami masih melakukan pengejaran terhadap serang kapal tersebut,” ungkap Robinson.

Baca Juga :   Polres Pagaralam Kembali Tangkap Bandar Narkoba

Diketahui Kapal Motor merek Awet Muda dengan penumpang 55 orang dari kawasan Primer 2 Karang Agung Muba tujuan Palembang, Rabu (3/1/ 2018) pukul 18.00 WIB terbalik dan tenggelam usai diterjang ombak di perairan Tanjung Serai Bagan 13 Banyuasin.

Akibatnya, dua penumpang, Mulyono dan putrinya Bunga ditemukan tewas di lokasi kejadian sementara 11 penumpang dinyatakan hilang.

Dari hasil pencarian yang dilakukan tim gabungan hasilnya, 11 penumpang kapal ditemukan sudah tewas mengapung di sekitar lokasi tenggelamnya kapal. Usai ditemukan semua jenazah, Jumat (5/1/2018) dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Palembang untuk dilakukan pemeriksaan, yang selanjutnya jenazah para korban diserahkan ke pihak keluarga untuk dimakamkan. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

KPK Cecar Tujuh Saksi Aliran Uang Pengurusan Banprov Untuk Indramayu

Jakarta, KoranSN Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mencecar tujuh saksi terdiri dari anggota dan mantan anggota …