Home / Kesehatan / Sering Menahan BAB Ternyata Bisa Fatal Akibatnya

Sering Menahan BAB Ternyata Bisa Fatal Akibatnya

Sukseskan MXGP Indonesia di Palembang, Indonesia



Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri Pemerintah Kabupaten Banyuasin

Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Ilustrasi. (foto-net)

Menahan buang air besar (BAB), sering kali memicu rasa tidak nyaman. Tak cuma gelisah, biasanya keringat dingin mulai mengalir di sekujur tubuh saat Anda menahan BAB.

Anda mungkin pernah terpaksa harus menahan buang air besar pada saat-saat tertentu misalnya saat terjebak macet, ujian, atau harus menghadiri rapat. Kondisi yang tak memungkinkan membuat Anda enggan untuk izin ke toilet. Alhasil, tubuh Anda malah jadi menggigil dan muncul keringat dingin secara tiba-tiba.

Ternyata, alasan di balik tubuh berkeringat saat menahan bab disebabkan karena saat kotoran alias feses sudah mulai menumpuk di usus besar, tubuh akan mengirimkan sinyal yang memberitahukan bahwa Anda harus segera pergi ke toilet. Namun, Anda terpaksa mengencangkan bukaan anus supaya kotoran tidak keluar pada saat itu juga.

Baca Juga :   Bercinta di Pagi Hari Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

Dikutip dari laman Reader’s Digest, dokter spesialis penyakit saluran cerna, Anish Sheth, MD, mengungkap bahwa saat menahan buang air besar, gerakan usus besar merangsang saraf vagus untuk berkontraksi. Saraf vagus adalah saraf kranial panjang yang membentang dari organ-organ perut, termasuk organ-organ di saluran pencernaan.

“Ibarat mendorong mobil, Anda memaksa saraf dan otot tubuh untuk mengeluarkan tenaga ekstra supaya mobil bisa bergerak maju. Itu yang terjadi saat Anda menahan buang air besar, saraf vagus akan berkontraksi supaya feses tidak keluar dalam beberapa waktu,” ujarnya.

Baca Juga :   Konsumsi ASI Segar Perbaiki Kualitas Kekebalan Tubuh Bayi

Lama-kelamaan, saraf yang aktif tadi juga akan merangsang keluarnya keringat dan membuat tubuh jadi menggigil. Bukan cuma itu, tekanan darah dan detak jantung Anda juga ikut menurun.

Maka, atas alasan apa pun, menahan buang air besar sangat tidak dianjurkan. Terlebih jika Anda terus menundanya hingga berjam-jam. (viva.co.id)

Iklan Warung Seblak Dadaan Sunda di Citimall Lahat

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Sapta Puji Tanggapan Cepat Mekominfo Soal Iklan Rokok

Jakarta, KoranSN Koordinator Solidaritas Advokat Publik untuk Pengendalian Tembakau Indonesia (SAPTA) Tubagus Haryo Karbyanto memuji …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.