Home / Headline / Setelah Polda Sulsel, Giliran Polda Sumsel Periksa Petinggi Abu Tours

Setelah Polda Sulsel, Giliran Polda Sumsel Periksa Petinggi Abu Tours

Tampak Kantor Abu Tours Cabang Palembang di Pakjo Palembang yang kini kembali beroprasional. (foto-dedy/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Pemeriksaan petinggi Abu Tour dilakukan Polda Sumsel setelah pemeriksaan di Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) Makassar selesai. Hal tersebut dikarenakan dugaan kasus penipuan keberangkatan calon jamaah umroh ini juga diselidiki oleh Polda Sulsel. Demikian dikatakan Kasubdit I Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel, AKBP Suwandi Prihantoro, Minggu (11/3/2018).

Diungkapkannya, bahkan untuk pemeriksaan tersebut pihaknya telah melayangkan surat panggilan guna meriksa petinggi Abu Tour, termasuk Kepala Cabang Abu Tours Palembang.

“Setelah diperiksa di Polda Sulsel Makassar, baru nanti giliran kita meriksa petinggi Abu Tour ini. Sebab surat panggilan untuk meriksa petinggi Abu Tour, termasuk Kepala Cabang Abu Tours Palembang sudah kami layangkan belum lama ini,” ujarnya.

Meskipun demikian Suwandi belum dapat menyampaikan jadwal pemeriksaan dilakukan di Polda Sumsel. Namun dirinya memastikan jika petinggi Abu Tours tersebut akan menghadiri panggilan penyidik Subdit Keamanan Negara Ditreskrimum Polda Sumsel.

“Dalam waktu dekat mereka akan hadir, dan kita sudah koordinasi dengan kuasa hukum mereka, jadi tunggu saja,” ungkapnya.

Disingung terkait proses hukum yang dilakukan Polda Sumsel apakah masih terus berlanjut jika pihak Abu Tours telah memberangkat umroh para calon jamaah? Dikatakannya jika penyelidikan masih terus dilakukan.

“Memang pada saat penggeladahan di Kantor Abu Tours Palembang, kami hanya menyita berkas-berkas saja. Sedangkan untuk paspor calon jamaah tidak disita. Hal ini dikarenakan pihak Abu Tours berniat memberangkatkan para calon jamaah umorh. Namun, walaupun Abu Tours memberangkatkan calon jamaah umroh, untuk proses penyelidikan tetap terus kami lakukan,” tegasnya.

Lebih jauh dikatakannya, sedangkan untuk penetapan tersangka, pihaknya harus lebih dahulu menunggu hasil dari gelar perkara.

“Penetapan tersangka dilakukan setelah semua saksi diperiksa serta setelah penyidik melakukan gelar perkara,” tandasnya.

Terpisah, Kuasa Hukum Abu Tours, Heri Edi Satrio mengatakan, pihaknya masih berkoordinasi dengan penyidik Polda Sumsel untuk menjadwal pemeriksaan pimpinan Abu Tours di Polda Sumsel. Sebab, saat ini Polda Sulsel juga melakukan penyelidikan terkait Abu Tours.

“Polda Sulsel di Makassar terus melakukan pemeriksaan, bahkan beberapa hari lalu pimpinan Abu Tours pusat, Muhammad Hamzah Mamba diperiksa di Polda Sulsel. Jadi, untuk jadwal pemeriksaan di Polda Sumsel masih kami koordinasikan dengan penyidik,” tandasnya.

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

2 Pegawai Pempek Ayuk Umi Terluka Bakar

Palembang, KoranSN Andri (30) dan Aji Prayitno (29), dua pegawai Tokoh Pempek Ayuk Umi di ...

error: Content is protected !!