Setrum Hijau di Tengah Ladang



Warga memeriksa bak penampungan pupuk organik hasil pengolahan teknologi Bioreaktor Kapal Selam di Pati, Jawa Tengah, Kamis (25/2/2021). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Terletak di pinggiran pusat Kabupaten Pati, Jawa Tengah, tidak terlalu sulit menemukan bangunan beton bernama Bioreaktor Kapal Selam yang merupakan alat untuk memproduksi energi hijau.

Ketik saja namanya di peta digital, lalu ponsel secara otomatis akan menuntun ke lokasi di Desa Langse, Kecamatan Margorejo.

Di ladang tumpangsari, Muchamad Sobri (49), memantau kerja alat ciptaannya ini melalui ponsel pintar yang terhubung langsung ke internet melalui jaringan WiFi.

Baca Juga :   Dana Desa Kabupaten Lahat Tahap II Sudah Bisa Dicairkan

Sobri menekan tombol power pada layar ponsel miliknya, lalu seketika deru mesin generator bertenaga gas metana yang terletak sekitar 10 meter dari tempat duduknya itu memecah hening pagi.

Semua kebutuhan energi untuk kegiatan pertanian modern di ladang dipasok dari Bioreaktor Kapal Selam yang mengubah limbah agrikultur berupa kotoran ternak dan sampah organik menjadi energi dengan bantuan fermentasi alami menggunakan reaksi anaerob. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Penerima Bantuan Sosial Tunai di Kayong Utara Kalbar 4.274 Orang

Pontianak, KoranSN Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (SP3APMD) Kabupaten Kayong …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.