Home / Politik dan Pemerintahan / Siaga Hadapi Konflik Antar Pendukung Paslon

Siaga Hadapi Konflik Antar Pendukung Paslon


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Ketua KPU Sumsel Aspahani memberikan sambutan saat silaturahmi KPU bersama jurnalis. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumsel mengimbau komisioner KPU di masing-masing KPU kabupaten/kota yang melaksanakan pilkada serentak, Juni mendatang, untuk siap menghadapi konflik pilkada, termasuk konflik antarpendukung pasangan calon (Paslon).

Menurut Ketua KPU Sumsel Aspahani, semua daerah yang menyelenggarakan pilkada serentak 2018 di Sumsel memiliki potensi konflik.

“Konflik yang terjadi di Empat Lawang saat deklarasi damai merupakan salah satu contoh konflik yang harus diantisipasi. Saya akan minta kronologis kejadian seperti apa. Karena menurut informasi yang saya dapat, itu disebabkan ada yang diberikan kesempatan untuk bicara tapi ada konten kurang berkenan sehingga ada respon yang tidak bisa dikendalikan,” kata Aspahani usai silaturahmi KPU Sumsel dengan media di Cafe Lenggok Kambang Iwak, Senin (19/2/2018).

Baca Juga :   Febrita Deru Kenalkan Budaya Sumsel ke Kancah Nasional

Oleh sebab itu, sambung Aspahani, KPU Sumsel sangat selektif dalam menentukan siapa yang harus bicara dalam sebuah forum. Pasalnya, kalau tidak tepat akan menyinggung pihak lain. “Kita akan melakukan evaluasi agar hal tersebut tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Dikatakannya, semua daerah yang melaksanakan pilkada serentak 2018 di Sumsel rawan konflik. Oleh karenanya, semua KPU kabupaten/kota harus mengantisipasinya dari awal persiapan. “Saya sebut semua daerah rawan. Tapi intinya kerawanan itu harus diantisipasi agar kita tidak terlena,” katanya.

Baca Juga :   Hendri Zainuddin Gantikan Mularis Jadi Ketua Partai Hanura Sumsel

Di sisi lain, untuk persiapan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden, Aspahani mengungkapkan, KPU Pusat sudah mengumumkan parpol peserta pileg dan pilpres. Namun pihaknya masih fokus dengan pilkada serentak.

“Sekarang masih persiapan pembentukan badan adhoc. Kami anggap masih banyak waktu untuk mempersiapkan pileg dan pilpres degan baik, karena kita fokus untuk pilkada yang sudah memasuki masa kampanye,” pungkasnya. (awj)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Herman Deru Janji Cari Solusi Terbaik untuk Pasar Cinde dan Masjid Raya Sriwijaya

Jakarta, KoranSN Bertepatan dengan puasa Ramadhan pada hari ke-18, Rabu (22/5/2019) petang Gubernur Sumatera Selatan …