Siap-Siap Struktur SKPD Muba Bakal Dirombak

1
Gubernur Sumsel-H Alex Noerdin saat memberikan SK plt Bupat Muba Kepada David BJ Siegar.FOTO/FERDINAND/KORANSN.

Palembang,KoranSN
Meskipun masa jabatan tak lebih dari 3 bulan, Pelaksana tugas (Plt) Bupati Muba yang saat ini dijabat oleh David BJ Siregar berpotensi untuk melakukan perombakan di struktur Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Musi Banyuasin.

“Ya, ini dikarenakan UU nomor 18 Tahun 2016 tentang Tata Kelola Pemerintah Daerah (Nomenklatur) sehingga diawal tahun harus menyesuaikan hal tersebut,” katanya usai melakukan rapat koordinasi dengan Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin setelah diserahkannya SK Plt Bupati Muba, Rabu (26/10/2016).

Namun, lanjut David, dirinya akan berkonsultasi terlebih dahulu dengan Gubernur serta harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).Terkait ditetapkan dirinya sebagai Plt Bupati Muba, dirinya mengaku terkejut karena dirinya baru diberitahukan, Selasa kemarin (25/10/2016). Meskipun begitu, sebagai pegawai yang menerima perintah tentunya harus bersedia ditempatkan manapun.

“Kalau untuk program, ya sebagai Plt tentunya akan meneruskan program yang telah disusun oleh Pejabat sebelumnya yakni Beni Hernedi,” terangnya.Sebelumnya, sambung David, dirinya juga pernah berdinas di Muba pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2008 sebagai kepala kantor pengelolaan data. Namun, tentunya saat ini Muba telah berbeda dan lebih maju, karena itu dirinya harus melakukan pertemuan dengan seluruh SKPD untuk mengetahui sejauh mana perkembangannya, serta apa saja yang harus dibenahi.

“Ini tentunya untuk memberikan gambaran Muba sejauh mana perkembangannya saat ini,” terangnya.
Dirinya optimis, Pilkada di Muba akan berlangsung sukses dan sebagai percontohan di Indonesia. Disinggung potensi rawan terjadinya kerusuhan di Muba, dirinya menambahkan, pihaknya belum melakukan pemetaan dimana saja wilayahnya. Tapi, di Muba cenderung kondusif untuk pelaksanaan Pilkada ini.

Baca Juga :   Feby Deru Segera Salurkan 10.268 Paket Balasa Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif Terdampak Covid

“Sebagai Plt Bupati Muba, saya pastikan akan menjalankan pesan Gubernur Sumsel untuk mengamankan pilkada, serta menjalankan pemerintahan,” kata Mantan Kepala Bappeda Pemprov Sumsel ini.

Ditanya bagaimana reaksi keluarga saat ditetapkannya sebagai Plt Bupati Muba oleh Gubernur Sumsel, dirinya menambahkan, tentunya keluarga terkejut. Tapi, meskipun begitu Istri nya yang saat ini di Jakarta mensupport untuk menjalankan tugasnya.

“Ya, ini pengalaman pertama saya jabat Plt Bupati. Istri saya saat ini ada di Jakarta, sedang ada urusan pekerjaan, jadi ia tidak bisa hadir dalam penyerahan ini,” terang suami Regina.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin mengatakan, pelantikan yang dilakukan hari ini (kemarin) adalah untuk Pelaksana Tugas (Plt) bukan untuk Penjabat (PJ) Bupati Muba. “Ini baru Plt belum Pj, nah untuk Pj harus dilakukan pengajuan kembali ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri),” katanya.

Dijelaskannya, masa tugas Plt Bupati Muba ini sendiri berakhir sampai dengan 17 Januari 2017 mendatang sedangkan masa berlakunya SK Plt Bupati Muba ini sendiri pada 27 Oktober 2016. “Artinya beliau (David BJ Siregar) menjabat Plt selama 3 bulan setengah. Jadi mulai berlakunya jabatan ini pada pukul 00.01 WIB malam nanti,” katanya.

Meskipun menjabat hanya tiga bulan, lanjut Alex, tugas seorang Plt Bupati Muba ini sangat berat jadi harus dijalankan dengan baik dan jangan malu bertanya dengan orang yang pernah menjabat Plt bupati. Diterangkannya, tugas Plt Bupati Muba itu diantaranya, harus mengantarkan Pilkada Muba secara baik, sukses dan berhasil tidak ada kerusuhan, menyusun APBD 2017 dan Perda.

Baca Juga :   KPU Sumsel Butuh Rp 441 Miliar untuk Pilkada 2018

“Nah, Plt Bupati Muba juga harus mengisi atau mengangkat personil sesuai dengan UU Nomor 18 tahun 2016 tentang Tata Kelola Pemerintah Daerah (Nomenklatur). Untuk itu Plt Bupati dalam menjalankan tugas ini harus dibantu dan dukung oleh FKPD, SKPD, DPRD dan warga muba,” terangnya.

Menurutnya, saat ini banyak anggapan bahwa Kabupaten Muba sebagai gajah tidur, maka dari itu tugas tambahan untuk Plt Bupati Muba yaitu harus membangunkan gajah tidur tersebut. “Mari kita bangunkan bersama. Tinggal dorong sedikit menjadi kabupaten yang terbaik. Dulu memang terbaik sekarang mari kita lakukan lagi menjadi yang terbaik dan tidak hanya di Sumsel tetapi di Indonesia. Jadi mari buktikan bahwa anda bisa mengemban amanah yang diberikan ini,” ungkapnya.

Dirinya juga menambahkan, Kabupaten Muba memiliki potensi yang luar biasa baik untuk Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM). “Jadi manfaatkan jabatan ini untuk mengembalikan kejayaan Kabupaten Muba. Selamat bertugas bagi David BJ Siregar dan selamat berkampanye bagi Beni Hernedi,” tandasnya. (wik)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

Pulang Kampung, Nazaruddin Ajak Masyarakat Musi Rawas Menangkan Paslon Bupati dan Wabup Ramah-Berarti

Palembang, KoranSN Tokoh Masyarakat Kabupaten Musi Rawas yang juga merupakan pensiunan Jaksa dan mantan Ketua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.