Selasa , Oktober 23 2018
Home / Pali / Siapkan Bak Sampah di Setiap Sudut Desa

Siapkan Bak Sampah di Setiap Sudut Desa

dfsdf
MEMBUAT – Tampak pekerja membuat bak sampah disalahsatu Desa Kecamatan PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

 

PALI, KoranSN

Untuk membiasakan warganya dalam menjaga kebersihan lingkungan, Pemerintah Desa Benuang kecamatan Talang Ubi kabupaten PALI melakukan satu terobosan dengan menyiapkan bak sampah di setiap penjuru desa.

Ide untuk membuat bak sampah tersebut digagas langsung oleh sang kepala Desa, Remi Rudindia. Kepada sejumlah media, Remi menjelaskan beberapa alasan yang membuat dirinya melakukan terobosan tersebut.

“Kita ingin menciptakan lingkungan bersih dan sehat. Maka, langkah yang tepat adalah dengan langsung aksi. Karena, kalau hanya sosialisasi saja, rasanya masih kurang. Untuk itu, kami dalam kesempatan kali ini menyediakan 11 bak sampah di setiap sudut lingkungan desa untuk memudahkan masyarakat membuang sampah pada tempatnya,” beber Remi ketika ditemui di kediamannya, Senin (5/12/2016).

Baca Juga :   Polsek Penukal Abab Bongkar Home Industri Senpira

Dijelaskannya, dana pembangunan bak sampah tersebut tidak mengganggu dana yang berasal dari pemerintah pusat melalui Dana Desa maupun dari APBD Pemkab PALI, melainkan memanfaatkan bantuan perusahaan-perusahaan yang beroperasi disekitar Desa tersebut.

“Kami ajukan proposal ke perusahaan-perusahaan di sekitar desa ini, dan yang paling banyak menyumbang dari PT EPI perusahaan yang mengangkut batubara dari Lahat menuju pelabuhan di Desa Perambatan. Dengan adanya bak sampah ini, selain menampung sampah rumahtangga dari warga,juga memudahkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah tersebut,” bebernya.

Sampah yang telah ditampung di bak sampah, selanjutnya kata Remi, langsung diangkut oleh petugas kebersihan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk dipilah dan diolah kembali oleh Badan Usaha Milik Desa (BumDes).

Baca Juga :   Partai Golkar Komitmen Menangkan HAFAL

“Sementara ini sampah itu hanya dipilah, dan barang bekas yang masih mempunyai nilai ekonomi kemudian dijual, seperti plastik, kardus dan botol bekas minuman. Rencana kami akan mengolah sampah menjadi kompos, tempat sudah kami sediakan, tinggal nunggu mesinnya yang akan dibantu pihak Pertamina,” jelasnya.

Manfaat yang dirasakan berkat adanya bak sampah, dikatakan Remi, bahwa desanya saat ini sudah mulai tampak kebersihannya.

“Meskipun belum 100% desa ini bebas sampah, namun setidaknya bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta sampah yang dibuang masyarakat nantinya akan dikelola oleh BumDes dan bisa menghasilkan uang untuk menggerakkan ekonomi masyarakat desa ini,” pungkasnya. (ans)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Decky Canser

Lihat Juga

Kebakaran Lahan Terus Terjadi di PALI

PALI, KoranSN Kebakaran lahan kembali terjadi di Bumi Serepat Serasan. Si jago merah kali ini ...

error: Content is protected !!