Home / Gema Sriwijaya / Sidak Pasar, Bupati Muratara: Jika Ada Lalat di Daging Berarti Tak Ada Formalin

Sidak Pasar, Bupati Muratara: Jika Ada Lalat di Daging Berarti Tak Ada Formalin


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Bupati Muratara HM Syarif Hidayat saat memimpin Sidak di Pasar Rupit Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit. (foto/Sunardi)

Muratara, KoranSN

Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) HM Syarif Hidayat memimpin langsung tim terpadu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muratara melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Rupit, Rabu (7/6/2017) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Syarif menjelaskan, Sidak ini untuk mencegah atau mengantisipasi adanya pelanggaran yang dilakukan para pedagang. Sebab di daerah lain sudah marak peredaran daging oplosan, daging busuk dan juga makanan yang mengandung formalin serta zat pewarna alias zat adiktif.

Orang nomor satu di Bumi Beselang Serundingan ini menjelaskan, tim terpadu menemukan indikasi awal jika tidak ada zat formalin pada daging. Pembuktianya seperti banyaknya lalat pada daging yang dijual pedagang di Pasar Rupit.

Baca Juga :   Byarpet Saat Pembukaan MTQ, Wabup PALI Cecar PLN

‚ÄúTadi ado indikasi awal, kalo lalat banyak didaging, ataupun di daging ayam itu bertanda tidak ada formalin. Dan itu hanya kesimpulan sementara dari hasil sidak ini,” ujarnya kepada sejumlah awak media yang mengikuti sidak Pasar Rupit.

Sementara Kepala Disperindagkop Muratara, Samsu Anwar menjelaskan, Sidak ini untuk menindaklanjuti keputusan hasil rapat tim di Polres Mura-Muratara, yang merupakan intruksi dari Kapolda Sumsel. Selain dari tim terpadu juga melakukan atau memastikan tidak adanya pedagang yang menjual makanan yang mengandung zat formalin dan zat pewarna.

“Tujuan kami jangan sampai masyarakat merasa dirugikan akan harga penjualan yang berlebihan. Jika harga terlalu tinggi tidak terjangkau oleh masyarakat makanya kita mengajak langsung Bapak Bupati Muratara M Syarif Hidayat,” katanya.

Baca Juga :   Asfan Pimpin SFC

Hasil sidak yang dilakukan sementara ini tidak ada yang dicurigai, dan tim akan kembali turun jika ada hal-hal yang tidak baik. “Alhamdulillah, sementara ini tidak ada dan bagus galo jualan di Pasar Rupit. Nanti kita akan kembali lakukan Sidak,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Sidak tersebut juga diikuti Sekda Muratara H Abdullah Matcik, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) dr Mahendra, Dinas Ketahanan Pangan H Titin Martini, Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Suhardiman, Kasat Pol PP Haidir Kalingi, Kadishub Alha dan Kapolsek Rupit AKP Yulfikri. (snd)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Anton Wijaya

Avatar

Lihat Juga

Safari Ramadhan, Wagub Himbau Masyarakat OKI Hidupkan Kembali Lahan Tidur dengan Biaya Pemerintah

OKI, KoranSN Wakil Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H. Mawardi Yahya terus berkeliling melaksanakan shalat isya …