Home / Lacak / Sindikat Penipuan Driver Ojek Online di Palembang Ditangkap

Sindikat Penipuan Driver Ojek Online di Palembang Ditangkap

Tampak dua tersangka saat diamankan di Mapolsek Gandus. (foto- Mapolsek Gandus)

Palembang, KoranSN

Putri Vivianti (19), warga Jalan Sungai Itam Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang dan Sri Astuti alias Riri (19), warga Jalan Kemang Manis Lorong Sehati Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB II Palembang, Kamis (1/2/2018) harus merasakan dinginnya ubin penjara Mapolsek Gandus setelah ditangkap melakukan aksi penipuan terhadap driver ojek online di Kota Palembang.

Kapolsek Gandus, AKP Aidil Fitriansyah mengatakan, adapun modus kedua tersangka yakni dengan membuat akun palsu di aplikasi belanja ojek online dan di aplikasi pemesan ojek online. Kemudian salah satu tersangka yakni Sri Astuti memberikan order kepada driver ojek online agar mengambil dan menebus baju kepada tersangka Putri Vivianti. Kemudian tersangka meminta diantarkan ke alamat palsu yang dibuat tersangka dalam aplikasi yakni, di salah satu kosan di Jalan Trikora Palembang.

“Usai menerima orderan tersebut korban tanpa curiga menelpon tersangka Putri Vivianti untuk mengambil dan menebus baju yang tadinya telah diorder tersangka Sri Astuti, hingga antara korban dan tersangka Putri Vivianti janjian bertemu di kawasan Musi II, tepatnya di pinggir jalan. Disaat bertemu, korban pun mengambil bungkusan berisi baju lalu membayarnya, setelah itu korban bergegas ke alamat pemesan order yakni di kawasan Jalan Trikora Palembang. Setiba di sana ternyata tidak ada orang yang memesan orderan tersebut sehingga korban menelpon HP tersangka Sri Astuti, akan tetap HP tersebut sudah tidak aktif lagi. Bahkan saat dicek oleh korban, ternyata baju di dalam bukusan tersebut merupakan baju bekas,” terang Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, terungkapnya kasus ini setelah aksi penipuan tersangka dijebak oleh rekan korban sesama ojek online usai menerima orderan palsu yang sama dari tersangka.

“Ketika itu Putri Vivianti dan beberapa driver ojek online sedang ribut mulut di pinggir jalan di kawasan Gandus. Diwaktu bersamaan anggota Polsek Gandus yang patroli melintasi lokasi kejadian, hingga Putri Vivianti kami bawa ke Mapolsek untuk dilakukan pemeriksaan. Dari ‘nyanyian’ Putri Vivianti inilah terungkap keterlibatan Sri Astuti, hingga keduanya kita tangkap dan kini telah kita tahan. Jadi, dalam kasus ini kedua tersangka memiliki peran berbeda dimana tersangka Sri Astuti berperan memesan ojek online, sedangkan Putri Vivianti berperan sebagai penjual baju di aplikasi belanja ojek online,” jelas Kapolsek.

Lebih jauh dikatakan Kapolsek, dari hasil pemeriksaan terhadap kedua tersangka yang telah dilakukan, diketahui jika tersangka Putri Vivianti dan Sri Astuti sebelumnya sudah pernah beberapa kali melakukan aksi penipuan dengan modus yang sama.

“Para korbannya rata-rata mengalami kerugian Rp 180.000 dan Rp 155.000. Diamana uang korban yang merupakan ojek online ini digunakan saat mengambil baju yang diorder dengan harapan nantinya uang itu dikembalikan setelah baju tersebut sampai kepada si pemberi orderan,” katanya

Lanjutnya, dari pengakukan kedua tersangka uang dari hasil penipuan tersebut digunakan mereka untuk foya-foya, seperti makan-makan dan jalan-jalan.

“Kini kedua tersangka telah kami amankan di Mapolsek Gandus. Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang tindak pidana penipuan,” tegasnya. (ded)

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Penumpang Perempuan Dijadikan Umpan Membegal Driver Taksi Online

Palembang, KoranSN Timotius Gunawan (49), warga Jalan Naskah Kelurahan Sukarami Kecamatan Sukarami Palembang yang merupakan ...

error: Content is protected !!