Home / Foto / Sirkuit Palembang Terbaik di Dunia

Sirkuit Palembang Terbaik di Dunia

Para pembalap motocross kejuaraan dunia MXGP Seri Indonesia-Palembang saat bertanding dan melintasi tantangan sirkuit seluas sekitar 2 hektare di OPI Track Jakabaring, Minggu (7/7/2019). (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Juara dunia Motocross Grand Prix MXGP tahun 2016 Tim Gajser menyebut sirkuit Palembang menjadi yang terbaik saat ini karena lokasinya yang sangat strategis.

Tim Gajser yang saat ini memuncaki klasemen seri Palembang MXGP 2019, di Palembang, Minggu, mengatakan, dirinya yang sudah berkeliling ke berbagai penjuru dunia untuk beradu balap, baru kali ini mendapatkan sebuah sirkuit yang persis berada di depan hotel.

“Ini sesuatu yang baru dan spesial untuk semua orang, kamu menyelesaikan balapan dan langsung pergi ke kolam renang, atau kamar hotel. Jadi ini sangat bagus,” kata Tim.

Sirkuit tanah liat MXGP di Palembang dibangun di atas lahan sekitar 2 hektare dengan menyajikan tantangan bagi pembalap motocross karena lintasannya tergolong pendek yakni hanya 1,2 kilometer.

Lokasinya yang persis di muka bintang lima Hotel Wydham, dan berada satu kompleks dengan OPI Mal kawasan Jakabaring Sport City menjadi keunikan tersendiri bagi para pembalap dunia. Mereka tidak perlu berlama-lama menuju lokasi pertandingan yang terkadang berada di pingiran kota.

Oleh karena itu, pembalap Tim HRC Honda ini sangat menikmati keberadaannya di Palembang, apalagi ini menjadi kali pertamanya menginjakkan kaki ke kota yang pernah menjadi tuan rumah Asian Games tahun 2018 ini.

Ia pun berharap bisa datang kembali ke Palembang karena terpilih menjadi tuan rumah seri kejuaraan dunia MXGP pada tahun-tahun mendatang. “Saya merasa sangat baik di sini dan saya berharap kami bisa kembali ke sini di masa depan,” kata dia.

Bagaimana dengan cuaca, mengingat Palembang sedang musim kemarau. Bahkan pada balapan hari pertama, Sabtu (6/7/2019), suhu udara tercatat 34 derajat celcius.

Rupanya, Gajser sama sekali tidak mempermasalahkannya. Baginya ini sesuatu tantangan, meski sedikit memaksa pembalap untuk menyapu keringat sebelum start.

Baca Juga :   Pilkada 2018, Ishak Mekki Sebut Harnojoyo dan Ahmad Yani

“Tidak masalah, meski panas kemarin masih ada hujan. Walau sebentar itu bagus sehingga lintasan tidak terlalu berdebu,” kata crosser berusia 22 tahun asal Slovenia ini.

“Tim Gasjer Tercepat di MXGP Palembang”

Pembalap Tim HRC Honda, Tim Gajser menjadi yang tercepat dalam balap seri-11 Kejuaraan Dunia Motocross Grand Prix MXGP 2019 di Sirkuit OPI Mal, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (7/7/2019).

Juara dunia MXGP 2016 ini tampil maksimal pada race 1 dengan mengumpulkan catatan waktu 34:36,177 detik dalam memutari 21 laps sejauh 31,920 km.

Namun pada race 2, ia finis pada urutan kedua di belakang Romain Febvre dari Monster Energy Yamaha yang pada race pertama berada pada urutan keempat.

Meski menjadi tercepat berselisih waktu tiga menit dari Febvre pada race kedua, Tim dinyatakan pemenang seri Palembang ikarena akumulasi poin dari kedua race membuatnya tetap mengungguli Romain dengan selisih empat poin.

Sejak start pada balapan kedua itu, Tim dan Romain ersaing ketat. Tim unggul pada tiga laps awal, namun pada laps ke-4, Febvre menyalipnya.

Tim berusaha keras menguntit Romain, namun pembalap Prancis itu semakin kencang menggeber motornya sehingga pada laps berikutnya semakin memperlebar jarak. Posisi Tim pada urutan kedua bahkan sempat disalip Jeremy Seewer pada laps keempat.

Namun, pada laps-laps berikutnya, Tim mengembalikan posisinya pada urutan kedua sehingga persaingan antara Romain dan Tim inilah yang tersaji hingga laps terakhir. Romain akhirnya finis lebih dahulu memutari 20 laps sejauh 30,400 kilometer dan ditambah dua laps lagi.

Romain meninggalkan Tim cukup jauh. Dia langsung meluapkan kegembiraannya pada loncatan di gundukan terakhir garis finis dengan melepaskan kakinya dari pijakan dan disambut sorak sorai penonton.

Pada sesi konferensi pers, Tim mengakui Romain tampil lebih prima. “Pada race pertama, saya berhasil mengontrol jarak tapi di race kedua saya gagal mendapatkan loncatan terbaik. Jadi mereka mampu mengejar, mungkin di laps ke-4 atau ke-5, saya melakukan kesalahan,” kata dia.

Baca Juga :   Palembang Expo Tarik 5 Ribu Pengunjung

Ia mengaku sangat menikmati seri di Palembang namun kurang menyukai sirkuitnya yang disebutnya terlalu pendek hanya sejauh 1,5 kilometer sehingga gundukan-gundukan menjadi rapat. “Tapi ada juga pebalap yang justru suka lintasan seperti ini,” kata dia.

Kemenangan pada seri ini semakin memantapkan Gajser dalam klasemen sementara dari 11 seri yang menempatkannya di puncak klasemen dengan 488 poin, disusul Antonio Cairoli 358 poin, dan Jeremy Seewer 327 poin.

Romain tidak dapat menutupi rasa bahagianya pada sesi konferensi pers itu. Apalagi sudah hampir tiga tahun tidak berada di podium bersama pembalap Yamaha. Kali ini, seri di Palembang bisa naik podium bersama Jeremy Seewer yang menempati urutan ketiga.

“Saya sempat frustasi karena sempat kalah start, tapi saya termotivasi terus sampai akhirnya saya bisa menyalip di laps keempat. Yang jelas, kemenangan ini sangat baik, bukan hanya untuk saya tapi juga bagi tim yang selama ini memberikan dukungan,” kata dia. (Antara/ags)

“Hasil akhir Seri MXGP di Palembang”

Tim Gajser (Team HRC) : 47
Romain Febvre (Monster Energy Yamaha Factory) : 43
Jeremy Seewer (Monster Energy Yamaha Factory) : 38
Max Anstie (KTM) : 37
Glenn Coldenhoff (KTM) : 36
Gautier Paulin (Monster Energy Wilvo Yamaha) : 30
Pauls Jonass (Rockstar Energy Husqvarna : 27
Brian Bogers (Team HRC) : 22
Arminas Jasikonis (Rockstar Energy Husqvarna) : 22
Ivo Monticelli (KTM) : 21
Tanel Leok (A1M Husqvarna) : 20
Jeremy Van Horebeek (Honda SR Motoblouz) : 20
Arnaud Tonus (Monster Energy Wilvo Yamaha) :16
Andero Lusbo (A1M Husqvarna) : 15
Lewis Stewart (KTM) : 13
Adam Coles (Husqvarna) : 10
Bruno Darias (KTM) : 7
Jordi Van Nobelen (Husqvarna) : 7
Aldi Lazaroni (Husqvarna) : 6
Farhan Hendra (Husqvarna) : 5

Manufaktur

Honda 497 poin
KTM 468 poin
Yamaha 443 poin
Husqvarna 325 poin
Kawasaki 288 poin

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

HD Siapkan Hadiah Umroh Gratis untuk Peserta Jalan Sehat PWI

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel H. Herman Deru menerima audiensi rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.