Minggu , Januari 20 2019
Home / Kota Musi / Sosialisasi Hidup Sehat Pecahkan Rekor MURI

Sosialisasi Hidup Sehat Pecahkan Rekor MURI

Persatuan Jaksa Indonesia
Poster edukasi menjaga kesehatan tubuh berisikan himbauan tentang hidup sehat di Taman Kambang Iwak Palembang yang memecahkan rekor MURI. (foto-anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Sosialisasi ajakan hidup sehat dengan terus mengkonsumsi buah serta berolahraga secara rutin dilakukan Perhimpunan Dokter Intensive Care Indonesia (PERDICI) di Taman Kambang Iwak Palembang, Minggu (16/9/2018). Ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari World Sepsis Day dan juga untuk mengukir sebuah sejarah di Kota Palembang, yakni pemecahan rekor MURI.

Setidaknya ada 4.380 poster edukasi menjaga kesehatan tubuh yang berisikan imbauan tentang hidup sehat terpampang di Taman Kambang Iwak Palembang, hingga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyakat yang kebetulan sedang berolahraga pagi di lokasi tersebut.

“Selain pemecahan rekor MURI, dalam kegiatan ini kita juga menggelar bermacam perlombaan tentang hidup sehat diantaranya; lomba cuci tangan, lari 5 kilometer yang diikuti ratusan pelari di Palembang, pembagian brosur kampanye hidup sehat dan talkshow,” jelas Ketua Pelaksana Peringatan World Sepsis Day, Dr Zulkifli, kemarin.

Baca Juga :   Cara Daftar Tax Amnesty di Kantor Pajak

Ia juga mengatakan, apa yang dilakukan PERDICI ini merupakan satu-satunya di dunia yang merayakan hari Sepsis se-dunia dengan pemajangan poster terbanyak.

“Diadakannya acara ini bertujuan semoga masyarakat bisa mengerti tentang pentingnya hidup sehat, seperti bisa mengetahui cara mencegah infeksi kuman penyebab sepsis yang disebabkan tidak mencuci tangan dengan benar, dan membiarkan luka yang terinfeksi serta menjaga kesehatan tubuh. Karena penyebab kematian akibat sepsis sendiri masih tinggi,” terangnya.

Sementara itu, Deputi Manager Museum Rekor Indonesia (MURI), Awan Rahargo menjelaskan, pembentangan spanduk tentang edukasi kesehatan ini masuk dan pecahkan rekor MURI karena merupakan pembentangan poster edukasi kesehatan terbanyak di dunia.

Baca Juga :   Mulai 7 April, Tarif Angkutan Umum Turun

“Sebelumnya, di tahun 2017 rekor MURI edukasi kesehatan pernah dipecehkan di BALI saat peringatan Hari Sepsis se-dunia dengan 3.791 spanduk atau poster. Namun kali ini rekor tersebut disabet oleh PERDICI dengan memasang 4.380 poster edukasi ajakan hidup sehat di Kota Palembang,” katanya.
Ia juga mengatakan, sistem penghitungan pemecahan rekor MURI ini sudah sesuai dengan prosedur MURI.

“Penghitungan jumlah spanduk atau poster ini kami lakukan mulai dari cara manual maupun secara digital. Ini patut diapresiasi, karena Palembang bisa mencatatkan diri untuk masuk buku MURI,” tandasnya. (den)

Hotel Grand Inna Palembang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Jakabaring Akan Dijadikan Pusat Pengembangan Kota Palembang

Palembang, KoranSN Kawasan Jakabaring kedepan akan menjadi wilayah yang paling memungkinkan sebagai pusat pengembangan Kota ...