Minggu , Oktober 21 2018
Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Sosialisasi Partisipatif Ajak Pemilih Pemula Awasi Proses Pilkada

Sosialisasi Partisipatif Ajak Pemilih Pemula Awasi Proses Pilkada

Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudi Yanto saat memberikan Plakat ke Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel, Junaidi. (Foto-Fahlevi/Koransn)

Empat Lawang, KoranSN

Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Empat Lawang, Selasa (15/5/2018) menggelar sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif untuk pertama kalinya.

Sosialisasi yang digelar di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Empat Lawang dengan turut diikuti sekitar 250 calon pemilih pemula dari siswa-siswi SMA/SMK sederajat di seluruh sekolah di Empat Lawang ini bertujuan sebagai bentuk upaya mengajak keterlibatan seluruh calon pemilih pemula, khususnya para pelajar untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pilkada dan Pemilu.

Ketua Panwaslu Kabupaten Empat Lawang, Rudianto menyampaikan, sosialisasi yang dilaksanakan dengan melibatkan berbagai kalangan pelajar ini, adalah upaya mendongkrak partisipasi pemilih pemula dalam rangka pengawasan pemilihan bupati dan wakil bupati serta pemilihan gubernur dan wakil gubernur pada bulan 27 Juni mendatang, serta Pemilu di tahun 2019 nanti.

“Peran dari kalangan pelajar sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses Pilkada dan Pemilu. Semoga dengan sosialisasi ini proses demokrasi yang akan dilaksanakan nantinya, berjalan sukses dan semakin berkualitas,” jelas Rudi.

Dijelaskannya, seluruh elemen masyarakat agar selalu bersinergi dengan Panwaslu untuk melakukan pengawasan di setiap tahapan pengawasan Pilkada.

Menurutnya, pentingnya pengawasan partisipatif ini juga dipengaruhi oleh keterbatasan personal dari Panwaslu kabupaten, terlebih lagi pengawasan partisipatif ini akan menutupi kekurangan Panwaslu dalam mengawasi seluruh aspek dan tahapan pemilihan kedepannya.

Baca Juga :   Lagi, 6 Ton Minyak Ilegal Disita

“Oleh karna itu diharapkan kepada seluruh masyarakat agar selalu bersinergi dengan Panwaslu Empat Lawang dengan melakukan pengawasan pada tiap tahapan Pilkda Cagub dan Cawagub serta Pilkada Cabub dan Cawabub yang akan dilaksanakan 27 Juni mendatang,” terangnya.

Masih kata Rudi, meskipun Empat Lawang ditetapkan sebagai zonah merah di Sumsel. Tapi ia optimis dan percaya indeks kerawanan Pemilu tersebut tidak berlaku bagi Panwaslu Empat Lawang.

Dirinya optimis, indeks kerawanan Pemilu di Empat Lawang tidak berlaku bagi dirinya. Ia juga meyakini Empat Lawang tidak serawan yang ditentukan dari zonah merah tersebut.

“Sebenarnya Empat Lawang ini aman dan kondusif, dan Empat Lawang ingin mensukseskan Pilkada serentak ini. Kesuksesan Pemilu Empat Lawang adalah tugas kita bersama. Mari kita sukseskan Pilkada Empat Lawang,” ungkapnya.

Junaidi memberikan pembekalan kepada para pemilih pemula dan para anggota Panwas Kecamatan.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang, H Syahril Hanafiah melalui Asisten I, Rahmad Riandy, menegaskan, Pemilu membutuhkan stekholder, seperti Pemda, PNS, TNI dan Polri. Maka itu sosialisasi ini sangat perlu diadakan, sehingga Pilkada nanti berjalan lancar pada saat pelaksanannya. Oleh katena peran aktif dari tokoh masyarakat dan tokoh agama, sangat diharapkan dalam mensukseskan Pilkada Empat Lawang.

Baca Juga :   Sekolah di Pesisir Terima Bantuan Internet & 6.000 Buku

“Para peserta agar manfaatkan momentum ini dengan baik. Kita sama-sama berdoa semoga Pilkada di Empat Lawang berjalan lancar, kemarin kita sudah melaksanakan debat kandidat dan berjalan dengan lancar, dan melalui debat kandidat itu kita bisa membuktikan jika Empat Lawang bisa keluar dari zonah merah itu,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Banwaslu Sumsel, Junaidi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan jajaran pengawas siap melakukan pengawasan.

“Pemilu penting sekali, dan tingkat kerawanan Sumsel nomor 10 dan Empat Lawang nomor 1 di Sumsel. Empat Lawang inikan pecahan Lahat sama dengan Pagar Alam, ibarat kata itukan satu rumpun Besmah, tapi ko pecahan Lahat bisa ribut ya,” cetus Junaidi.

Diterangkan Junaidi, meskipun Empat Lawang ditetapkan sebagai zona merah, dirinya akan membuktikan Empat Lawang bisa keluar dari zona merah. Boleh saja Banwaslu pusat mengatakan Empat Lawang no 1 zonah merah di Sumsel, tapi ini harus dibuktikan jika Empat Lawang
bisa keluar dari zonah merah itu.

“Untuk keluar dari zonah merah tersebut harus kita buktikan dengan karya-karya yang nyata. Kita buktikan kita bisa keluar dari zona merah pada tanggal 27 Juni nanti, saya berharap kepada mahasiswa, para pemuda, tokoh masyarakat dan tokoh agama bantu kami dalam mengawasi Pemilu. Tanpa bantuan kalian pengawasan tidak akan berjalan lancar,” tandasnya. (foy)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Polres Lahat Apresiasi Kaum Disabilitas Keliling Nusantara

Lahat, KoranSN Salut adalah kalimat yang tepat dan patut disematkan kepada Bibit Wahyudianto, pria asal ...

error: Content is protected !!