Home / Gema Sriwijaya / Empat Lawang / Suara Meriam & Tembakan Menggema di Perayaan Proklamasi

Suara Meriam & Tembakan Menggema di Perayaan Proklamasi


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Tampak anak-anak SMAN 1 Tebing Tinggi Empat Lawang menggelar Simulasi perjuangan Masyarakat Empat Lawang dalam memperingati Hut RI ke-72 di halaman Pemkab Empat Lawang. (Foto-Fahlevi/Koransn)

Empat Lawang, KoranSN

Detik-detik proklamasi HUT RI ke 72 dan upacara peringatan hari kemerdekaan yang berlangsung di halaman Pemkab Empat Lawang, Kamis (17/8/2017) dimulai dengan desingan suara peluru dan dentuman meriam.

Hal tersebut sontak membuat kaget orang-orang yang sedang berkumpul menyaksikan perhelatan hari kemerdekaan tersebut.

Gemuruh meriam merupakan salah satu rangkaian drama teatrikal dalam upacara detik-detik proklamasi HUT RI ke 72 di Kabupaten Empat Lawang.

Pantauan dilokasi, puluhan orang bersenjata dengan berseragam pakaian pejuang terlihat berlari sambil membawa senjata replika.

Baca Juga :   Jarak Tempuh Pagaralam-Palembang Hanya 40 Menit

Para orang yang menyaksikan, seakan dibawa ke era penjajahan saat para pejuang memperebutkan kemerdekaan dari tangan penjajah, lantaran di halaman Pemkab Empat Lawang, lokasi perhelatan drama terdengar deru suara bunyi senjata tempur dari sound system yang membabi-buta memuntahkan bom dan letupan senjata.

Di tengah kekacauan, pasukan Belanda datang menyerang para warga dan masyarakat sehingga membuat banyak pejuang gugur, pada serangan belanda saat itu.

Namun, demi kemerdekaan tanpa rasa takut para pejuang kemerdekaan melakukan perlawanan, dan berhasil memukul mundur para penjajah dari Indonesia.

Pertempuran dalam acara peringatan HUT RI ke 72 di halaman Pemkab Empat Lawang tersebut diperankan oleh para siswa dari SMA 1 Tebing Tinggi. Aksi pertempuran melawan penjajah tersebut yang diperankan para pelajar itu mengangkat tema ‘semangat ne satinggi elang’.

Baca Juga :   Pembeli Air Bersih Keliling Berkurang

Bupati Empat Lawang, H Syahril hhanafiah yang menjadi insfektur upacara mengajak masyarakat untuk menghargai jasa-jasa para pejuang yang mati-matian merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.

Sementara, Ketua DPRD Empat Lawang, H David Hadrianto Aljufri bertugas sebagai pembaca undang-undang dan Kepala Kementrian Agama, Empat Lawang, H Saidi bertugas sebagai pembaca doa.

Upacara tersebut diikuti ikuti sejumlah peserta dari sekolah SMA, SMP, dan SD, anggota Kodim 0405 Lahat, Polres Empat Lawang, Kejarai Tebing tinggi, dan beberapa kelompok organisasi masyarakat.

Usai pelaksanaan upacara peringatan detik detik proklamasi, bupati memberikan Pengharaan Satya Lencana Karna kepada para pegawai yang telah mengabdi selama 10 tahun, 20 tahun dan 30 tahun. (foy)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Apriandi

Apriandi

Lihat Juga

Herman Deru: Bupati PALI Harus Gas Poll Turunkan Kemiskinan

PALI, KoranSN Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Gubernur Sumsel H. Herman …