Home / Politik dan Pemerintahan / Sudah Habiskan Rp 40 Miliar, Pembangunan Jembatan Lematang 2 Dinilai Mubazir

Sudah Habiskan Rp 40 Miliar, Pembangunan Jembatan Lematang 2 Dinilai Mubazir

Nopran Marjani. (foto/dok SN)
Nopran Marjani. (foto/dok SN)

Palembang, KoranSN

Wakil Ketua DPRD Sumsel Nopran Marjani mempertanyakan kelanjutan pembangunan Jembatan Lematang 2 di Kabupaten Lahat yang saat ini terbengkalai. Ia menilai, proyek tersebut mubazir karena sejak tahun 2013 tidak lagi dikerjakan, padahal sudah menghabiskan dana APBD Sumsel hingga Rp 40 miliar.

“Jembatan itu mulai dibangun sekitar tahun 2012 lalu dan berlangsung selama dua tahun anggaran. Kemudian, di tahun 2013 mulai terhenti dan sampai sekarang tidak dianggarkan. Jadi, terkesan perencanaan pembangunan jembatan Lematang 2 itu, tidak dipikirkan secara matang,” beber Nopran, Selasa (13/9/2016).

Nopran menilai, perencanaan proyek pembangunan jembatan yang berada di bawah Dinas PU Bina Marga (PU BM) Sumsel ini tidak jelas, dan perlu dilakukan penyelidikan mendalam agar ada yang bertanggung jawab terhadap tidak selesainya pembangunan jembatan tersebut.

“Jembatan Lematang 2 ini sangat diharapkan masyarakat, karena dapat memperpendek jarak dari Lahat – Pagaralam dan sebaliknya. Jembatan itu langsung menuju Pulau Pinang, jadi masyarakat tidak perlu lagi melewati kota,” terang Politisi Partai Gerindra ini.

Secara khusus, Nopran meminta bagian perencanaan pembangunan Jembatan Lematang 2 dapat memberikan penjelasan terhadap tidak dilanjutkannya pembangunan jembatan tersebut.

“Bagian perencanaan pembangunan jembatan itu harus diperiksa, bila perlu kepolisian turun tangan menyelidiki berhentinya proyek ini, karena jelas sudah merugikan negara, sementara tidak memberikan apapun ke masyarakat,” tukasnya.

Nopran berharap, program pembangunan strategis, seperti pembangunan Jembatan Lematang 2 ini dapat diteruskan tahun 2017 mendatang. “Saya harap, perencana pembangunan itu fokus, jangan satu proyek belum selesai, sudah mengerjakan proyek lainnya. Selesaikan satu persatu, jangan asal bangun saja,” tandas Politisi  daerah pemilihan (Dapil) Pagaralam, Lahat dan Empat Lawang ini. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Dukung Wujudkan Generasi Muda Prabumulih yang Religius dan Berprestasi, Ini yang Akan Dilakukan Ishak Mekki

Palembang, KoranSN Rentannya usia generasi muda terhadap pengaruh negatif lingkungan, menjadi perhatian Calon Gubernur (Cagub) ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!