Selasa , Oktober 23 2018
Home / Nasional / Sulit Mendarat, Logistik Pengungsi Gempa Lombok Dijatuhkan dari Heli

Sulit Mendarat, Logistik Pengungsi Gempa Lombok Dijatuhkan dari Heli

Tim tanggap bencana menyalurkan bantuan korban gempa Lombok. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Tim tanggap bencana mendistribusikan logistik ke sejumlah lokasi pengungsian korban gempa di wilayah Lombok Utara, Kamis (9/8/2018). Wilayah-wilayah yang didistribusikan, sejauh ini belum tersentuh bantuan melalui udara.

Dilansir Puspen TNI, bantuan itu didistribusikan ke wilayah yang belum terjangkau, yakni di Kecamatan Gangga dan Kecamatan Kayangan, Lombok Utara. Bantuan disalurkan menggunakan dua helikopter Basarnas dan Badan Nasional Penggulangan Bencana (BNPB).

“Khusus di daerah Gangga, bantuan kita turunkan pada saat heli howver di dekat titik pengungsian, karena tidak ada pendaratan yang layak. Masyarakat di pengungsian dipastikan sudah menerima bantuan tersebut,” kata Komandan Penanganan Darurat Bencana Gempa Lombok, Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, usai memimpin rapat koordinasi di Posko di lapangan Tioq Tata Tunaq, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara.

Baca Juga :   Diduga Dapat THR dari OC Kaligis, Ketua PTUN Dkk Lawan Perintah Ketua MA

Rizal mengatakan, bantuan yang disalurkan via udara berupa makanan ringan, susu anak, karpet, selimut dan air minum sudah diterbangkan ke daerah Kayangan dan Gangga. Bantuan melalui udara ini untuk mempercepat distribusi logistik ke daerah yang parah terdampak dan sulit dijangkau.

“Namun, lebih lanjut bantuan akan dikirimkan melalui jalur darat dengan jumlah yang lebih banyak,” ujar pria yang sehari-hari bertugas sebagai Danrem 162/Wira Bhakti.

Ia mengimbau, kepada warga yang tertimpa musibah untuk segera melaporkan kepada aparat setempat. “Hal ini, agar semua korban dapat terdata, serta bantuan yang diterima oleh posko PDB dapat disalurkan tepat sasaran,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, Desa Gumantar, Desa Lokok Rangan, Desa Sesait, Desa Dangiang, Desa Santong dan Dusun Selengen Kecamatan Kayangan, merupakan daerah yang berada di lereng Gunung Rinjani yang hari ini masih belum tersentuh bantuan logistik yang mencukupi.

Baca Juga :   Ade Komarudin Dilengserkan, Setya Novanto Kembali Jabat Ketua DPR RI

Lombok Diguncang Gempa Lagi Sementara Kabupaten Lombok Utara di Nusa Tenggara Barat dilaporkan diguncang gempa lagi 12.25 WIB, Kamis (9/8/2018). Kekuatan gempanya sebesar 6.2 skala richter.

Berdasarkan catatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika atau BMKG, gempabumi itu berpusat di 8.36 lintang selatan, 116.22 bujur timur atau 6 kilometer barat laut Lombok Utara. Pusat gempa di kedalaman 12 kilomete.

BMKG menyatakan gempa itu tidak berpotensi tsunami. “Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG melalui akun Twitter-nya, @infoBMKG. (vivanews)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Bawaslu: Masih Ada Celah Politik Uang di Pemilu 2019

Jakarta, KoranSN Bawaslu RI menyampaikan ada celah politik uang di UU Nomor 7 Tahun 2017 ...

error: Content is protected !!