Sungai Lematang Masih Menjadi Pesona Alam Kota Lahat

DSC_0003
Lahat,SN
Sungai Lematang merupakan sungai terbesar di Kota lahat,  yang terletak di Kabupaten Lahat. Sampai saat ini Sungai Lematang masih menjadi pesona dan ikon kebanggan Kota Lahat, selain Bukit Serelo.

Ternyata di sungai ini banyak ditemukan situs purbakala, juga sempat ditemukan perahu kuno yang konon peninggalan kerajaan.

Banyak warga Lahat menggantungkan kehidupanya di Sungai Lematang sebagai pencari batu
atau menjadi nelayan, dengan menggunakan perahu atau ban dalam mobil yang dibuat seperti perahu karet, salah satunya di Kawasan Benteng.

Dari pantauan Suara Nusantara ke Sungai Lematang ada beberapa tembok penahan  Sungai Lematang yang patah di Kawasan Benteng, sampai saat ini belum diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Baca Juga :   Kemenag Muratara Ingatkan Waspada Berita Hoax

Digo, warga Benteng mengatakan  agak sedikit khawatir dengan robohnya tembok tersebut. “Jika tidak segera diperbaiki dapat menyebabkan longsor di pinggiran sungai,” tambah Digo.

Sebagai ikon Kota Lahat, banyak kegiatan yang dilakukan di Sungai Lematang, antara lain kegiatan tahunan lomba rakit tradisional yang
diadakan beberapa waktu lalu  untuk memperingati ulang tahun Kota Lahat.

Kegiatan rafting (arung jeram) juga mulai dilakukan di Sungai Lematang, saat ini ada beberapa pihak yang secara profesional mengelola wisata arung jeram berlatarkan Bukit Serelo, yang semakin menambah eloknya Sungai Lematang.

Di sungai ini juga dibangun jembatan yang menghubungkan Desa Tanjung Payang dengan Kota Lahat, jembatan ini menjadi kebangaan warga Lahat sekaligus   penghubung  untuk fasilitas perekonomian Warga Lahat, karena di kawasan desa Tanjung banyak terdapat hasil pertanian antaralain perkebunan sawit, persawahan, perikanan dan pertambangan batubara. Tetapi untuk pengangkutan hasil pertambangan batubara tidak boleh menggunakan jembatan ini. (obi)

Baca Juga :   UN Selesai, Kunci Jawaban Beredar di OKI

 

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pangdam II/Swj Kunker ke Markas Yonif 141/AYJP

Palembang, KoranSN Usai melakukan kunjungan kerja ke Markas Kodim 0404/ME, pada hari yang sama, Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.