Kamis , Desember 13 2018
Home / Pesta Demokrasi / Survei Braja Network di Pilkada Palembang: Semua Kandidat Masih Berpeluang

Survei Braja Network di Pilkada Palembang: Semua Kandidat Masih Berpeluang

Grafik elektabilitas pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Palembang hasil survei Braja Network (foto-SN/Ist)

Palembang, KoranSN

Menjelang pelaksanaan pilkada Kota Palembang, 27 Juni mendatang, Lembaga Survei Braja Network menilai, semua kandidat memiliki peluang yang sama untuk menang. Diprediksi pemenangnya nanti akan ditentukan oleh kandidat yang bisa meraih suara pemilih mengambang atau swing voters.

Direktur Braja Network, G. Wisnu mengatakan dalam survei yang dilaksanakan pada periode tanggal 9-14 Juni 2018, melibatkan 400 responden yang tersebar di 18 kecamatan se- Kota Palembang dengan Metode Stratified Random Sampling pemilih mengambang masih cukup tinggi mencapai 14,50 persen.

Adapun elektabilitas masing-masing pasangan calon, incumbent Harnojoyo-Fitrianti masih unggul di angka 27,50 persen, Akbar-Hernoe (23,50 persen), Sarimuda-Rozak (19,50 persen) dan Mularis-Sayididina Ali (15,00 persen).

“Jika Melihat pemilihan kurang 6 hari lagi, dengan selisih yang tidak jauh, dan suara mengambang masih 14,50 persen belum memutuskan, maka semua pasangan calon walikota dan wakil walikota Palembang masih sama-sama berpeluang besar memenangkan pertarungan,” ujar Wisnu dalam keterangan persnya, Kamis (21/6).

Baca Juga :   Aswari Blusukan Temui Pedagang Pasar Lawang Agung

Dijelaskannya, ada progres yang menarik dalam Pilkada Palembang dimana pasangan independen mendapatkan respon yang positif sehingga bisa menyalip elektabilitas pasangan Sarimuda-Rozak dan mengejar elektabioitas incumbent, Harno-Fitri.

“Suara Akhor terjadi peningkatan yang signifikan karena faktor penyatuan tim Dodi-Giri dengan Akbar-Hernoe. Selain itu, masifnya distribusi Kartu KPK menjadi program unggulan yang digandrungi banyak pemilih yang notabene anak-anak muda, ibu-ibu dan pemilih perempuan pada umumnya,” beber Wahyu.

Sementara, Suara Harnojoyo-Fitrianti dan Sarimuda-Rozak, mengalami penurunan karena faktor keterwakilan perempuan (gadis dan ibu-ibu) kurang disentuh/kurang gebrakan saat akhir masa kampanye.

Baca Juga :   Muara Lawai Sambut Tim Bursah-Parhan

“Semua pasangan calon masih memiliki peluang yang sama besar karena selisih antara pasangan calon tidak terlalu jauh,” ujarnya.

Dalam temuan survey juga diketahui tingkat pengetahuan masyarakat sudah cukup besar, terkait jadwal Pilwako Palembang 2018. Artinya KPU sukses dalam hal sosialisasi kepada masyarakat.

“Tingkat Partisipasi sebesar 72,00% masih bersifat prediktif, belum final, ini menjadi catatan khusus untuk KPU agar bisa mengantisipasi jumlah Golput yang tinggi saat pemilihan nanti,” pungkasnya.

Diketahui, Pilkada Palembang diikuti oleb empat pasangan calon. Nomor urut 1, Harnojoyo-Fitrianti Agustinda diusung PDIP, Demokrat, PKB, PBB dan PAN. Pasangan nomor urut 2, Sarimuda-Rozak (Nasem, PKS dan Gerindra), nomor urut 6, M Akbar Alfaro-Hernoe Roesprijadji (Independen) dan Mularis-Syaidina Ali (Hanura, Golkar dan PPP). (awj)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Anton Wijaya

Anton Wijaya

Lihat Juga

Bawaslu OKI Ingatkan Peserta Pemilu Taati Aturan APK

Kayuagung, KoranSN Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) mengingatkan peserta Pemilu 2019 ...

error: Content is protected !!