Rabu , Januari 23 2019
Home / Nasional / Survei Charta Politika: Jokowi 51,2%, Prabowo 23,3%, Gatot 5,5%

Survei Charta Politika: Jokowi 51,2%, Prabowo 23,3%, Gatot 5,5%

Charta Politika saat merillis hasil survei. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Charta Politika merilis hasil survei terhadap elektabilitas calon presiden 2019. Hasilnya, elektabilitas petahana Joko Widodo (Jokowi) masih mengungguli sejumlah nama pada survei Pilpres 2019.

Survei tersebut dilakukan pada 13-19 April 2018. Survei dilakukan kepada 2.000 responden yang dipilih dengan metode multistage random sampling. Margin of error dari survei +- 2,19%, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Charta Politika memberikan beberapa simulasi kepada responden dalam surveinya, mulai soal popularitas sampai elektabilitas. Untuk survei elektabilitas, pertanyaan yang diajukan adalah ‘jika pemilu presiden hanya diikuti oleh 7 nama di bawah ini, siapa yang akan bapak/ibu pilih sebagai presiden?’.
Jokowi masih menempati posisi puncak dalam survei ini, diikuti Ketum Gerindra Prabowo Subianto. Selain itu, ada nama lain, dari mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga :   Tim Putri Papua Taklukan Bali 3-0 di Stadion Bumi Sriwijaya, Tim Putri Yogyakarta Tantang Sumsel

“Kita kasih gambaran, survei Litbang Kompas, dilakukan sebelum Prabowo dideklarasikan dan survei Charta dilakukan usai deklarasi. Ada tendensi kenaikan Prabowo dari 14,1 persen ke 23,3 persen. Dan ada penurunan elektabilitas jokowi,” ujar Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya, dalam paparannya, di Jakarta Selatan, Senin (21/5/2018).

Dari hasil survei ini, kata Yunarto, meski elektabilitas Jokowi masih unggul, deklarasi Prabowo sebagai capres oleh Gerindra cukup berpengaruh. Elektabilitas Prabowo, lanjutnya, mengalami kenaikan dibanding saat sebelum deklarasi.

Yunarto mengatakan ada pengaruh yang cukup signifikan dari deklarasi pencapresan Prabowo oleh Gerindra.

Baca Juga :   Nasabah BNI Bawa Pulang Mobil & Motor

“Ada pengaruh dari deklarasi Prabowo minimal di internalnya yang membuat cenderung elektabilitasnya naik, dibanding survei Litbang Kompas dengan Charta,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Waketum Gerindra Ferry Juliantono, Wakil Koordinator Bidang Pratama Partai Golkar Bambang Soesatyo, Wakil Sekjen DPP PDIP Ahmad Basarah, dan politikus PKS Nasir Djamil.

Berikut hasil lengkap survei Charta Politika, Joko Widodo (Jokowi): 51,2%, Prabowo Subianto: 23,3%, Gatot Nurmantyo: 5,5%, Anies Baswedan: 3,4%, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY): 2,7%, Jusuf Kalla: 2,0%, Muhaimin Iskandar (Cak Imin): 0,6%, Undecided voters: 11,5%. (detikcom)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

BMKG: Teknologi akan Selalu Kalah dengan Alam

Jakarta, KoranSN Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Dwikorita Karnawati, mengatakan 90 persen tsunami disebabkan ...