Syarif Hidayat Berhasil Bangun Ratusan Kilometer Jalan di Kabupaten Muratara

Tampak Bupati Muratara HM Syarif Hidayat sedang mengecek salah satu pembangunan jalan di Kabupaten Muratara. (foto-sunardi/koransn)

Muratara, KoranSN

Selama kepemimpinan HM. Syarif Hidayat sebagai Bupati Musi Rawas Utara (Muratara), dirinya telah berhasil membanguna infrastruktur jalan sepanjang ratusan kilometer di Bumi Beselang Serundingan.

Bupati Muratara HM Syarif Hidayat mengaku jika selama dirinya memimpin Kabupaten Muratara hampir lima tahun masih fokus pada pembangunan infrastuktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, jaringan listrik hingga sarana pendidikan dan kesehatan yang memadai.

Menurutnya infrastruktur dasar merupakan kebutuhan dan kepentingan bagi seluruh lapisan masyarakat di Bumi Beselang Serundingan.

“Selama ini saya belum fokus untuk membangun komplek perkantoran Pemerintah karna saya masih memikirkan kebutuhan rakyat Muratara terutama infrastruktur dasar,” ungkapnya, Senin (14/9/2020).

Ia mengaku, jika dirinya tidak tega apabila selama kepemimpinannya Pemerintah Daerah sudah memiliki kantor yang megah namun kondisi rakyatnya masih kesusahan dengan kondisi infrastruktur jalan yang masih rusak.

“Menjelang akhir kepemimpinan saya fasilitas umum dan infrastruktur dasar berangsur diselesaikan dan masyarakat Muratara bisa menikmati pembangunan yang telah dilengkapi sarana dan prasarana yang merupakan hak dasar rakyat,” bebernya.

Syarif Hidayat menuturkan selama dirinya memimpin Kabupaten Muratara sudah ratusan kilometer jalan dan puluhan jembatan sudah dibangun, kemudian listrik sudah masuk ke seluruh desa, Puskesmas berstandar Kementerian Kesehatan yang sudah ada di setiap kecamatan.

Baca Juga :   Pos Kamling Paling Efektif Tekan Angka Kriminalitas

“Alhamdulillah sekarang masyarakat Muratara sudah bisa menikmati pembangunan tersebut karna saya sudah bekerja untuk rakyat, tidak hanya pembangunan fisik saja tapi pembangunan non fisiknya juga seperti pemberian bea siswa kepada anak anak yang mondok di pesantren dipulau jawa dan sumatera dan sebagainya,” tuturnya.

Sementara itu, Asisten II Pemkab Muratara, Suharto Patih mengatakan selama empat tahun terakhir Pemerintah Muratara sudah membangun jalan sepanjang 250,461 kilometer. Pada tahun 2016, Pemerintah Muratara telah membangun jalan Kabupaten sepanjang 66,399 kilometer, kemudian dilanjutkan pada tahun 2017 sepanjang 43,555 kilometer dan pada tahun 2018 sepanjang 57,512 kilometer dan 83,175 kilometer setelah itu ditahun 2019 dengan total lebih dari 250 kilometer jalan dibangun dalam waktu empat tahun.

“Pada tahun ini (2020 red) juga ada pembangunan jalan Kabupaten masih dalam proses pengerjaan, selama ini Pemerintah Daerah sangat konsen pada pembangunan infrastruktur dasar,” bebernya.

Selain membangun jalan Kabupaten menggunakan APBD Muratara lanjut Suharto Pati, Syarif Hidayat juga gencar melakukan lobi lobi anggaran di Pemerintahan Provinsi maupun di Pemerintah Pusat.

“Tahun ini saja Kabupaten Muratara telah mendapatkan suntikan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk membangun infrastruktur di Kabupaten Muratara,” katanya.

Terpisah, Gubernur Sumsel Herman Deru menyebutkan bahwa pada tahun anggaran 2020 ini Pemprov Sumsel menggelontorkan dana puluhan miliar khusus untuk pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Muratara.

Baca Juga :   Penerima Dana BSPS di Muratara Pertanyakan Uang Upah Tukang

Gubernur Sumsel menjelaskan, untuk penanganan dan perbaikan infrastruktur di Kabupaten Muratara tahun 2020 melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan telah menganggarkan anggaran sebesar Rp 33,8 miliar lebih.

“Anggaran tersebut akan digunakan untuk peningkatan jalan Terawas – Taba Tinggi – Maur dengan nilai Rp. 6.134.680.000, dan peningkatan jalan Simpang Muara Lakitan – Karang Dapo – Muara Rupit dengan nilai Rp. 12.723.555.000,”Sampainya pada saat kunjungan kerja ke Kabupaten Muratara beberapa hari lalu

Selain itu lanjut Herman Deru, dirinya juga mengalokasikan dana bantuan khusus Gubernur Sumatera Selatan untuk peningkatan infrastruktur sebesar Rp 15 miliar.

“Jadi total anggaran Pemprov Sumsel untuk peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten Muratara tahun anggaran 2020 sebesar Rp 33,8 miliar lebih,” katanya. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Akis Haramkan Keluarganya Mencari Nafkah di Muratara

Muratara, KoranSN Untuk menyakinkan masyarakat Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), jika terpilih sebagai Bupati Muratara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.