Home / Politik dan Pemerintahan / Tahun ini, Sumsel Dapat AQMS

Tahun ini, Sumsel Dapat AQMS

Salah satu papan display alat pengukur kualitas udara (foto/net)
Salah satu papan display alat pengukur kualitas udara (foto/net)

Palembang, KoranSN

Ditahun 2016 ini, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mendapatkan bantuan Air Quality Monitoring System (AQMS) dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“AQMS ini merupakan alat yang berfungsi untuk mengukur kualitas udara,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumsel, Lukitariati.

Bantuan ini sendiri, lanjut Luki, merupakan Memorandum of Understanding (MoU) dengan KLHK yang ditandatangani oleh Wakil Gubernur pada 23 Maret lalu dan disaksikan oleh Walikota Palembang. Meskipun AQMS ini hanya satu, Luki menjelaskan nantinya dapat dipasang beberapa monitor.

Baca Juga :   Minat Bidang Pertanian Menurun

“Dengan adanya alat ini maka dapat dijadikan patokan kualitas udara saat kemarau. Nantinya pada saat kemarau juga akan dikeluarkan nilai ISPUnya,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, untuk lokasi pemasangannya sendiri, pihaknya akan memasang di depan Kantor DPRD (arah radial). Pasalnya, pihaknya juga telah melakukan survey dengan beberapa tim konsultan sehingga didapatkanlah lokasi tersebut.

“Lokasi ini sangat cocok untuk pemasangan alat ini. Untuk monitornya sendiri nantinya akan ada dilokasi tersebut serta dibeberapa tempat lainnya seperti di BLH Kota Palembang dan Provinsi Sumsel, bahkan nantinya akan di pasang di OKI atau tempat yang kita perlukan,” terangnya.

Baca Juga :   AHY Jadi Pembicara Seminar di UIN Raden Fatah

Sejauh ini, sambung Luki pihaknya masih menunggu kedatangan alat yang merupakan bantuan dari KLHK tersebut. “Kami sifatnya hanya menunggu, namun, untuk tahun ini Kementrian akan melakukan tender barang tersebut,” tandasnya. (wik)

Publisher : awik obsesi

Avatar

Lihat Juga

Sumsel Optimalkan Semua Sumber Pendapatan Daerah

Palembang, KoranSN Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru membuka rapat monitoring dan evaluasi tindak lanjut …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.