Minggu , Februari 17 2019
Home / Gema Sriwijaya / Tanamkan Cinta Tanah Air, Ratusan Siswa TK Upacara Bendera

Tanamkan Cinta Tanah Air, Ratusan Siswa TK Upacara Bendera

Kepala TK Negeri Pembina Kayuagung, Yanti Marlina SPd usai menggelar upacara bendera kali pertama di halaman TK tersebut yang diikuti ratusan siswa/i TK dari 10 kelas, Senin pagi (24/9/2018). (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Upacara Bendera Merah Putih dijenjang Taman Kanak-Kanak (TK) juga diperlukan, walaupun mereka belum dapat melaksanakan dengan sempurna. Tujuan dasar upacara bendera adalah menanamkan semangat cinta Tanah Air Indonesia.

“Juga untuk memupuk semangat kesatuan dan persatuan Bangsa Indonesia,” kata Kepala TK Negeri Pembina Kayuagung, Yanti Marlina SPd usai menggelar upacara bendera kali pertama di halaman TK tersebut yang diikuti ratusan siswa/i TK dari 10 kelas, Senin pagi (24/9/2018).

Kata dia, kedepan setiap hari Senin akan diadakan upacara bendera bagi anak-anak TK Negeri Pembina Kayuagung walaupun dalam pelaksanaannya disesuaikan dengan dunia Taman Kanak-Kanak sehingga khikmat dalam mengikuti ucapara hingga tidak kalah dengan siswa sekolah dasar.

Baca Juga :   Kecamatan Rambutan Dapat Bantuan Bus Sekolah

Upacara TK sebenarnya juga bagian dari interaksi edukatif dan instrument/alat yang cukup efektif untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai tertentu, serta upaya mengaktualkan potensi-potensi anak TK. Nilai-nilai tersebut diantaranya menggali potensi kepemimpinan setiap anak TK secara bergilir diberi kesempatan untuk tampil memimpin upacara.

“Mereka akan berlatih tertib dan aba-aba serta tata cara yang baku yang memimpin maupun yang dipimpin. Ketika seseorang berperan memimpin harus bisa memainkan peran sesuai posisinya. Begitu juga yang berposisi yang dipimpin,” tambahnya.

Manfaat lainnya juga menggali rasa percaya diri sejak dini. Pengalaman membuktikan sebagian anak masih mengalami demam tampil ketika harus tampil memimpin. Namun, umumnya hilang ketika giliran kedua atau seterusnya. Dengan penanaman percaya diri sejak dini diharapkan anak-anak dapat mengatasi rasa tidak percaya diri dalam pemimpin.

Baca Juga :   Ratusan Pelajar Sekolah di PALI Diliburkan

Tiara Merisca selaku Pembina Upacara dalam amanatnya mengajak seluruh siswa/i dan para pendidik untuk menjaga kebersihan di lingkungan TK dengan cara membuang sampah pada tempatnya.

“Jangan jajan sembarangan, bila membawa makanan harus makanan yang sehat seperti nasi, roti, kue dan lainnya,” pesan Tiara. (iso)

Hotel Grand Inna Palembang Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pisau dan Golok Corak Batik Duren Lubuklinggau Tembus Pasar Nasional

Lubuklinggau, KoranSN Kerajinan pisau dan golok dengan corak batik motif duren khas Lubuklinggau tembus pasar ...