Selasa , Oktober 23 2018
Home / Editorial / Tantangan Pemkot Palembang Dalam Mengubah Prilaku Mayarakat

Tantangan Pemkot Palembang Dalam Mengubah Prilaku Mayarakat

Tampak anak Sungai Musi di Jalan Faqih Usman 3-4 Ulu yang dangkal dan dipenuhi sampah. (foto-dok/reigan/koransn.com)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palembang terus berupaya membenahi, manata infrastruktur serta membersihkan lingkungan Kota Palembang. Apalagi menjelang perhelatan Asian Games tahun 2018 mendatang Palembang menjadi tuan rumah yang akan kedatangan banyak tamu, seperti wisatawan mancanegara (Wisman) dan Wisatawan Nusantara (Wisnus).

Meskipun demikian, dengan giatnya Pemkot Palembang menata keindahan kota seperti melakukan gerakan gotong-royong serentak pada setiap minggu. Namun, Pekerjaan Rumah (PR) Pemkot Palembang ialah bagaimana mengubah pola prilaku masyarakat untuk menerapkan agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Dari beberapa titik Pantauan Suara Nusantara, tidak sedikit kawasan aliran anak sungai dipenuhi sampah dari rumah tangga, seperti plastik dan bahan organik lainnya. Padahal, sebelumnya Walikota Harnojoyo
bersama warga sudah terjun langsung bersama masyarakat membersihkan sampah di anak sungai tersebut.

Bahkan, genangan air dari hujan deras mengguyur Kota Palembang tidak bisa dipungkiri terjadi karena adanya sampah di drainase dan parit-parit. Akibatnya, air hujan yang turun menggenangi sejumlah jalan protokol.

Tidak hanya itu, sampah dari masyarakat yang berada di Tempat Pembuangan Sementara (TPS), volumenya semakin tinggi hingga mengakibatkan sampah tersebut menyebar ke pinggiran jalan.

Baca Juga :   Rakyat Menanti Kelanjutan Dugaan Kasus e-KTP

Meskipun petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang rutin membersihkan serta mengangkut sampah, tetapi tingginya volume sampah tetap tidak bisa dibendung. Hal ini dibuktikan, lantaran tak selang beberapa lama petugas meninggalkan tempat, kawasan tersebut sudah kembali dipenuhi dengan tumpukan sampah.

Selain di TPS, sampah dari masyarakat juga banyak menumpuk di tempat-tempat yang bukan pada tempatnya. Hal inilah membuktikan bahwa kesadaran masyarakat Kota Palembang belum peduli dengan kebersihan lingkungan sendiri. Mirisnya lagi, Kota Palembang saat ini sedang berkembang, lantaran sedang banyak mengadakan event-event besar, ditambah lagi dengan fasilitas Light Rail Transit (LRT) yang tidak dimiliki kota lainnya di Indonesia.

Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengatakan, bahwa pembangunan yang dilakukan Pemkot Palembang semata untuk menata Kota Palembang agar lebih indah dan jauh dari kesan kumuh. Namun, hal tersebut, diakui Finda sapaan akrabnya, tantangan terbesar Pemkot Palembang saat ini, ialah bagaimana mengubah pola prilaku masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan.

Baca Juga :   Ekonomi Tak Kunjung Membaik dan Rupiah Terus Melemah

“Kita terus melakukan yang terbaik untuk masyarakat Kota Palembang, supaya masyarakat menilai sendiri dan sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan agar bisa dinikmati keindahan diwilayah Palembang hingga anak cucu kita nanti,” ungkap Finda.

Terpisah Kepala DLHK Kota Palembang, Faisal AR menuturkan, bahwa pihaknya secara rutin mengangkut sampah yang berada di TPS melalui armada truk sampah pada jam jam tertentu. Dimana, apabila pada malam hari, pihaknya juga menyiapkan truk emergenchy guna membersihkan sampah yang tak sempat terangkut.

“Untuk itu, kita juga menghimbau kepada masyarakat agar peduli terhadap kebersihan lingkungan, seperti membuang sampah pada tempatnya. Karena, keindahan Palembang dianggap penting, apalagi kedepan kita akan banyak kedatangan tamu baik dari mancanegara maupun dari Nusantara. Jadi, ini juga demi nama baik Kota Palembang, tidak hanya di Indonesia tetapi di mata Dunia,” ujarnya. (Reigan Riangga)

CGV Cinemas Segera Hadir di Lantai 3 PTC Mall Palembang

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

Tata Ulang Median Jalan Pedestrian di Palembang

PROJECT Light Rail Transit (LRT) yang melintasi pusat-pusat keramaian di tengah Kota Palembang diharapkan Pemerintah ...

error: Content is protected !!