Home / Gema Sriwijaya / Targetkan Partisipasi Pemilih 80 %

Targetkan Partisipasi Pemilih 80 %


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Bupati Ir H Ahmad Yani MM saat Simulasi Pemilu yang dilaksanakan di halaman Hotel Griya Serasan Sekundang Muara Enim. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muara Enim menargetkan tingkat partisipasi pemilih di Muara Enim pada Pemilu serentak 2019 mencapai 80 persen. Demikian dikatakan Ketua KPU Muara Enim, Ahyaudin SE disela-sela acara Simulasi Pemilu yang dilaksanakan di halaman Hotel Griya Serasan Sekundang, Senin (15/4/2019).

Dalam simulasi tersebut dihadiri Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM dan Kepala Kejari Muara Enim, Dandim 0404/ Muara Enim, Kapolres Muara Enim dan Ketua PN Muara Enim dan Kepala BNNK Muara Enim.

Kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di TPS, diikuti sebanyak lebih kurang 200 pemilih dari semua unsur lapisan yang dilaksanakan oleh PPK PPS KPPS.

Dikatakan Ahyaudin, tujuan simulasi ini tidak lain untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang beberapa teknik dalam menggunakan hak suara dalam pemilu tahun 2019.

Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM menuturkan, berharap simulasi ini adalah tahapan dari pada proses sosialisasi yang telah dilakukan oleh seluruh pihak baik dari Bawaslu, baik dari KPU maupun dari peserta pemilu.

Baca Juga :   TP4D Kawal Penggunaan Dana Desa Untuk Setiap Kades

Dijelaskan bupati, Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu sebelumnya. Pada Pemilu tahun 2014 pemilih menggunakan hak pilihnya pada waktu yang berbeda, dimana Pemilu anggota DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota dilaksanakan terlebih dahulu. Kemudian diikuti dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Sedangkan pada Pemilu 2019, diselenggarakan secara serentak.

Pemilih pada Pemilu 2019 ini lanjut bupati, akan mendapatkan lima jenis surat suara di TPS, yakni surat suara Presiden dan Wakil Presiden, surat suara anggota DPR RI, surat suara anggota DPD, surat suara anggota DPRD Provinsi dan surat suara anggota DPRD Kabupaten/Kota.

Menurutnya, Pemilu serentak dengan lima jenis surat suara tentunya memerlukan penyelenggaraan yang handal dan mumpuni. KPPS sebagai penyelenggara Pemilu yang melaksanakan tahapan pemungutan dan pemungutan suara di TPS, wajib memahami dengan baik tata cara pemungutan dan penghitungan suara sesuai peraturan perundang-undangan.

Baca Juga :   Warga Cengal Minta Jalan Cor Beton & Sumur Bor

“Salah satu ujung tombak keberhasilan Pemilu berkualitas dan berintegritas ada di tangan KPPS. Oleh sebab itu tetaplah menjaga netralitas sebagai penyelenggara, karena menjaga netralitas sebagai penyelenggara, karena masa depan bangsa,”pesan Bupati.

Masih dikatakan Bupati, selain KPPS sebagai penyelenggara Pemilu, juga ada saksi, pengawas TPS dan pemantau. Ingat ada beberapa hal yang dilarang untuk dilakukan. Diantaranya, mempengaruhi dan mengintimidasi pemilih dalam menentukan pilihannya dan menggunakan seragam/atribut lain yang mencitrakan, mendukung atau menolak peserta Pemilu tertentu.

“Untuk pemilih sebelum mencoblos surat suara, pastikan terlebih dahulu surat suara dalam keadaan baik atau tidak rusak, coblos lah pada kolom yang sudah tersedia serta gunakan alat coblos yang sudah ada. Apabila terdapat surat suara rusak atau keliru dicoblos, kembalikan pada petugas. Oleh sebab itu, perlu hati-hati sehingga tidak terjadi kesalahan,” ulasnya.

“Harapan saya, baik itu KPPS, Saksi, Pengawas TPS dan Pemantau, kalian semua bekerjalah secara profesional, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan semoga pengabdian serta komitmen saudara dalam melaksanakan tugas menjadi amal ibadah,” pungkas Bupati Muara Enim.(yud)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Herman Deru: Bupati PALI Harus Gas Poll Turunkan Kemiskinan

PALI, KoranSN Didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Hj Febrita Lustia, Gubernur Sumsel H. Herman …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.