Home / Gema Sriwijaya / Tari Dulang Emas, Terinspirasi Dari Warga Mencari Nafkah

Tari Dulang Emas, Terinspirasi Dari Warga Mencari Nafkah

Sukseskan Asian Games di Jakarta dan Palembang Tahun 2018
Tari Kreasi Dulang Emas saat tampil didepan masyarakat Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Tari kreasi Dulang Emas yang berasal dari desa Muara Tiku, Kecamatan Karang Jaya, Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), terinspirasi dari warga yang mencari nafkah dengan cara mendulang emas di sungai.

Hal ini di ungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Muratara Firdaus melalui Kepala Bidang (Bidang) Periwisata, Zazili, Kamis (9/8/2018).

“Tari Dulang Emas ini terinspirasi dari keseharian warga Desa Muara Tiku yang mendulang emas untuk mencari nafkah. Proses terciptanya tari tersebut selama 5 hari yang di sanggar tari yang dipimpin oleh Herlina dan Wiwid,” ungkapnya.

Ia mengatakan, tari Dulang Emas tersebut pernah tampil beberapa kali di event besar, bahkan sampai keluar daerah untuk di pertunjukan atau pada festival tari kreasi.

“Kemarin tari Dulang Emas pernah tampil dalam Festival Besemah di Kota Pagaralam, dan itu sifatnya masih tim tari yang berjumlah 9 orang. Namun, kita juga bisa membuat tari ini menjadi kolosal yang jumlah penarinya tidak terbatas,” katanya.

Ia berharap tari kreasi Dulang Emas bisa dilestarikan, dan terus tampil dalam acara atau event-event besar baik di Kabupaten Muratara maupun di kota lain.

“Kita harus menjaga dan melestarikan budaya kita ini, ini merupakan salah satu aset kita, dan saya sangat berharap tari tersebut bisa tampil pada acara besar sehingga semakin dikenal oleh orang banyak,” harapnya.

Sementara, Arinda Widia, penata gerak tari kreasi Dulang Emas membenarkan jika terciptanya tari Dulang Emas tersebut memang terinspirasi dari kebiasaan masyarakat Muratara yang mencari nafkah dengan cara mendulang emas di sungai.

“Terciptanya tari tersebut memang benar dari kebiasaan masyarakat, khususnya masyarakat kecamatan Karang Jaya yang mendulang emas sebagai mata pencarian mereka,” ujarnya.

Ia menjelaskan, tujuan terciptanya tarian Dulang Emas tersebut untuk memberitahu halayak ramai, jika di Kabupaten Muratara bukan hanya getah karet dan sawit saja sebagai mata pencarian warga, namun ada juga yang mendulang emas.

“Saya ingin orang tahu jika di Muratara tersebut bukan hanya terkenal dengan karet dan sawitnya saja, tapi di Muratara juga ada emas yang bisa di dulang sebagai pencarian warga untuk memenuhi kebutuhan,” jelasnya.

Untuk menjaga kelestarian tari kreasi Dulang Emas tersebut, dirinya bertekad untuk sering menampilkannya apabila ada acara baik di Muratara maupun diluar daerah.

“Saya rasa cara melestarikan tarian Dulang Emas tersebut dengan cara menampilkan dan memperkenalkan kepada masyarakat, baik itu di kabupaten kita sendiri maupun diluar,” pungkasnya. (snd)

Daftar Calon Sementara Anggota DPRD Kabupaten Lahat Periode 2019-2024

Publisher : Awid Durohman

Awid Durohman

Lihat Juga

HUT RI, Garis Milang Kibarkan Bendera di Atas Tebing

Lahat, KoranSN Dalam rangka menyambut peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, sebuah bendera pusaka merah ...

error: Content is protected !!