Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Internasional / Tawanan yang Dibebaskan Saudi Tiba di Sanaa

Tawanan yang Dibebaskan Saudi Tiba di Sanaa

Sejumlah relawan kesehatan Bulan Sabit Merah berdiri di lokasi bangunan yang hancur akibat serangan udara Arab Saudi di pusat penahanan Houthi di Dhamar, Yaman. (foto-antaranews)

Sanaa Jenewa, KoranSN

Sekelompok tawanan Houthi yang dibebaskan Arab Saudi tiba di Sanaa, Ibu Kota Yaman, saksi mata Reuters mengatakan, dalam satu langkah yang bisa mendorong usaha-usaha mengakhiri perang hampir lima-tahun di negara itu.

Koalisi militer pimpinan Saudi telah bertempur sejak Maret 2015 setelah kelompok Houthi bersekutu dengan Iran menggulingkan pemerintahan yang diakui internasional di Sana.

Baca Juga :   Polisi Hongkong Minta Jaminan Perlindungan Jelang Aksi Lanjutan

Komite Internasional Palang Merah (ICRC), yang mengangkut para tahanan tersebut dari Arab Saudi ke Yaman, Jumat (29/11/2019) mengatakan, 128 orang dipulangkan.

Pada Selasa, koalisi itu menyatakan pihaknya sudah membebaskan 200 tawanan. Ada perbedaan mengenai jumlah tawanan yang dibebaskan dan alasannya belum jelas.

Sejumlah saksi mata Reuters mengatakan pesawat-pesawat ICRC yang membawa tawanan tiba di bandara udara Sanaa.

“ICRC melihat pembebasan itu sebagai langkah positif dan berharap akan terjadi pembebasan lagi dan pemulangan tawanan terkait konflik,” kata lembaga bantuan itu dalam sebuah pernyataan. Dikatakan pihaknya bertindak netral dan tidak terlibat dalam pembicaraan yang membahas pembebasan tawanan.

Baca Juga :   Pengungkap dalam Kasus Trump Merupakan Pejabat CIA

Riyadh sudah mengadakan pembicaraan informal dengan pihak Houthi sejak akhir September mengenai gencatan senjata, kata sumber-sumber, karena berusaha menghentikan perang setelah mitra koalisi utamanya Uni Emirat Arab menarik tentara.

Perserikatan Bangsa-Bangsa berusaha memulai kembali perundingan politik untuk mengakhiri perang yang sudah membunuh puluhan ribu orang dan mengakibatkan jutaan terancam kelaparan. (Antara/Reuters/ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Turki Kirim Perjanjian Maritim Libya ke PBB Untuk Persetujuan

Ankara, KoranSN Turki pada Kamis, (12/12/2019) mengirim perjanjian mengenai batas maritim dengan Libya ke PBB …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.