Home / Headline / Tega, Ibu di OKU Dibunuh Anak Kandung

Tega, Ibu di OKU Dibunuh Anak Kandung


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Mengajak Masyarakat untuk datang Ke TPS dan menggunakan hak pilih
Tersangka Akmaludin saat diamankan pihak kepolisian. (foto-polres oku)

Baturaja, KoranSN

Peristiwa berdarah menjadi kabar menghebohkan warga Dusun III Desa Tanjung Agung Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) setelah korban Salbiah (60) tewas meregang nyawa ‘di Parang’ anak kandungnya sendiri Akmaludin (38).

Aksi pembunuhan yang terjadi, Rabu (10/4/2019) ini diduga kuat berlangsung sekitar pukul 16.00. Namun tewasnya korban baru diketahui warga tujuh jam kemudian atau sekitar pukul 23.30 WIB malam.

Menurut sejumlah sumber di lokasi kejadian, yakni di Desa Tanjung Agung, Kamis (11/4/2019), korban Salbiah sejak lama menjada tinggal bertiga dengan dua orang putranya, satu anaknya dalam kondisi gangguang mental hingga terpaksa di pasung, dan satu lagi kakaknya, yakni tersangka Akmaludin yang selama ini terlihat warga waras waras saja.

Pembunuhan korban ini pertama kali diketahui tetangga korban setelah mendengar jeritan minta tolong berulang kali dari rumah korban Salbiah. Suara minta tolong itu dikenal warga merupakan suara dari anak korban atau adik dari tersangka Akmaludin yang sedang hidup dalam pasungan. Karena permintaan tolong ini didengar berulang kali sejak sore sampai tengah malam, maka sejumlah tetangga pun memberanikan diri untuk mengintip rumah korban Salbiah.

“Suara minta tolong itu sebenarnya sudah lama kami dengar, bahkan dari suara anak korban yang di pasung ini mengatakan kalau korban Salbiah ini ribut dengan anaknya Akmaludin (tersangka). Lalu kami pun mengintip ramai ramai, rupanya benar, korban kami lihat sudah terkapar tak bernyawa,” ungkap warga setempat berinisial ‘A’.

Baca Juga :   Kapolresta Kantongi Identitas Pembunuh Dela

Masih dikatakannya, saat mengetahui koban sudah tewas kemudian warga berinisiatif melapor kepada perangkat desa lalu diteruskan dengan melapor ke Polsek Lengkit .

Kapolres OKU, AKBP NK Widayana Sulandari membenarkan peristiwa ini, bahkan Kasat Reskrim AKP Alex Andrian telah turun langsung ke lokasi kejadian melakukan penyelidikan. Sementara tersangka Akmaludin sudah diamankan petugas sejak, Kamis dinihari (11/4/2019) dan langsung di bawa ke Polres OKU guna menghindari hal yang tidak diinginkan.

“Tersangkanya sudah ada di Polres, anggota masih bekerja hingga kami belum bisa membuat kesimpulan,” kata Kapolres.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres OKU, AKP Alex Andriyan SKom saat dihubungi Suara Nusantara mengungkapkan, untuk tersangka Akmaludin saat ini memang telah ditangkap pihaknya dan telah diamankan di Polres OKU guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut Kasat, kejadian tersebut bermula saat korban Salbiah pulang dari kebun, lalu korban marah-marah kepada tersangka dengan mengatakan bahwa tersangka malas dan tidak mau kerja, kemudian korban membantingkan piring ke lantai.

“Mendengar ucapan korban hingga korban membantingkan piring ke lantai hingga membuat tersangka tersinggung dan marah, lalu tersangka mengambil parang di dapur. Kemudian parang tersebut digunakan tersangka untuk membunuh korban yang merupakan ibu kandung pelaku sendiri, hingga korban meninggal dunia di TKP,” ungkapnya.

Baca Juga :   Asik Indehoy di Taman Prabujaya Prabumulih, Dua Sejoli Ditangkap Satpol PP

Dikatakan Kasat, setelah membunuh korban selanjutnya tersangka keluar rumah ke arah sumur, setelah itu parang tersebut diselipkan tersangka di pinggang lalu tersangka pergi ke pinggir sungai untuk menyembunyikan parang.

“Usai menyembunyikan parang yang digunakan pelaku untuk membunuh korban, selanjutnya pelaku melarikan diri ke Desa Sukamaju Baturaja Barat Kabupaten OKU,” katanya.

Lanjut Kasat, penangkapan tersangka dilakukan setelah pihaknya melakukan pengejaran terhadap tersangka, dimana dari keterangan saksi dan hasil penyelidikan diketahui jika tersangka bersembunyi di Desa Sukamaju Baturaja Barat.

“Kamis dini hari (11/4/2019) sekira pukul 02.00 WIB tersangka berhasil ditangkap dan diamankan ketika berada di rumah kakak iparnya di Desa Sukamaju Baturaja Barat. Kemudian pelaku dibawa dan diamankan di Mapolres OKU guna proses hukum lebih lanjut,” terangnya.

Lebih jauh diungkapkan Kasat, selain mengamankan tersangka pihaknya juga telah mengamankan barang bukti parang yang digunakan pelaku untuk membunuh korban.

“Untuk barang bukti parang kami temukan di pinggir sungai tempat pelaku menyembunyikan parang tersebut usai membunuh korbannya. Kini tersangka sudah diamankan di Polres OKU dan dalam kasus ini tersangka dijerat Pasal 338 KUHP,” tandas Kasat.

Sementara Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara membenarkan adanya kejadian anak membunuh ibu di OKU tersebut.

“Ya benar ada kejadian itu, dan sudah ada laporannya. Untuk tersangkanya sudah diamankan dan kini Polres OKU masih melakukan penyelidikan,” ungkap Kapolda. (had/ded)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Ibu Bunuh Anak Lalu Bunuh Diri di IB I Diduga Alami Gangguan Psikologis

Palembang, KoranSN Kabid Humas Polda Sumsel, Kombes Pol Supriadi, Kamis (18/4/2019) mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.