Tegar, Tito Kumandangan Adzan Untuk Ayahanda

kapolri-jendral-tito-karnavian-saat-mengumandangkan-azan-untuk-ayahandaPalembang, KoranSN

Kapolri Jendral Tito Karnavian dengan tegar mengumandangan adzan saat jenazah ayahnya, H Achmad Soleh (78)dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Puncak Sekuning Palembang, Jumat (28/10/2016).

Sebelum dimakamkan, awalnya jenazah ayahanda dari Tito, dishalatkan di dua Masjid yang berada didekat rumah H Achmad Soleh Jalan Sambu, Kapten A Rivai Palembang yakni, di Masjid Al-Washliah dan Masjid Istitho,ah.

Untuk Shalat Jenazah di Masjid Al-Washliah dilakukan seusai Sholat Jumat. Sedangkan Shalat Jenazah di Masjid Istitho,ah dilakukan ketika jenazah almarhum H Achmad Soleh dibawa menuju TPU Puncak Sekuning.

“Sudah 50 tahun almarhum ayah saya tinggal disini. Ini kampung halamanku, karena sejak kecil saya besarnya disini. Dikarenakan di kawasan ini terdapat dua Masjid, maka warga meminta agar Shalat Jenazah dilakukan di Masjid Al-Washliah dan juga di Masjid Istitho,ah. Jaraknya sekitar 200 meter, setelah itu barulah kita menuju ke TPU Puncak Sekuning,” kata Tito usai Shalat Jumat yang dilanjutkan Shalat Jenazah di Masjid Al-Washliah.

Setelah itu, jenazah Almarhum dibawa menggunakan karanda dengan berjalan kaki. Setiba di Masjid yang ke dua yakni, Masjid Istitho,ah, kembali dilakukan Shalat Jenazah. Setelah itu barulah jenazah Almarhum dibawa ke TPU Puncak Sekuning untuk dimakamkan.

Pantauan di lapangan, ribuan masa terdiri dari keluarga besar Tito, kerabat, tetangga, masyarakat, toko agama, toko masyarakat, Polri, TNI tampak mengiringi jenazah Almarhum dengan berjalan kaki sampai ke TPU Puncak Sekuning.

Baca Juga :   Jambore Kader Posyandu Diikuti 300 Peserta

Bahkan Jendral Tito Karnavian didamping keluarga juga ikut berjalan menuju tempat pemakaman. Sekitar pukul 13.00 WIB, jenazah tiba di TPU Puncak Sekuning, lalu keranda yang membawa jenazah Almarhum H Achmad Soleh dibuka dan dimasukkan ke dalam lubang pemakaman.

Tak lama kemudian, sesorang keluarga menanyakan, siapa yang akan mengumandangkan Adzan. Ketika itulah dengan tegarnya Tito mengangkat tangannya.

“Saya yang akan adzan” ujar Tito.

Seketika itu, Tito turun ke dalam lubang pemakaman tempat jenazah Ayahnya dikebumikan. Sembari mengakatkan tangannya Tito pun mengumandangkan adzan.

Usai prosesi pemakaman, Tito mengatakan, jika Almarhum ayahnya sangat memperjuangkan anak-anaknya terutama di bidang pendidikan.

“Ayah selalu memaksa kami untuk terus menempuh pendidikan, hingga akhirnya saya dan saudara saya pun berhasil. Tidak ada warisan, tapi kami semuanya mendapatkan pendidikan hingga kami pun sukses. Untuk itulah saya berpesan kepada generasi muda, utamakan pendidikan untuk masa depan,” tutup Tito.

Dalam acara pemakaman Almarhum juga tampak Gubernur Sumsel H Alex Noerdin, Wali Kota Palembang Harnojoyo, Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo, Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar, Kombes Pol Krina Mukti.

Gubernur Sumsel yang mewakili pihak keluarga almarhum dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah hadir, dalam prosesi pemakaman alamrhum H Achmad Soleh.

Baca Juga :   Kapolda dan Pangdam Pastikan Sumsel Aman Jelang Pelantikan Presiden

“Untuk yang hadir saya mewakili pihak keluarga mengucapkan terimakasih. Tak bisa, kami ucapkan satu-persatu  Tapi, kami keluarga besar Almarhum sangat mengucapkan terimakasih kepada masyarakat, Gubernur Jambi,  para Kapolda, Perwira Tinggi dan mengenah di jajaran Polri dan TNI, toko masyarakat dan toko agama yang hari ini sudah datang, terimakasih,” kata Gubernur.

Masih dikatakannya, jika almarhumH Achmad Soleh lahir di Lubuk Linggau
20 Agustus 1938, Almarhum menutup usai diumur 78 tahun.

“Almarhum H Achmad Soleh meninggalkan, isteri, 4 anak, 9 cucu, dan 2 cicit. Sebagai manusia, mungkin semasa hidupnya Almarhum ada kekeliruan dan keselahan baik disengaja ataupun tak disengaja, Untuk itu, kami atas nama keluarga meminta maaf dan kepada Yang Kuasa memohon ampun. Mari bersama kita doakan agar Almarhum diampuni dosanya, diampuni kesalahannya, dan ditempatkan sebaik-baiknya disisi Allah, Amin,” pungkasnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Fitriyanti

Avatar

Lihat Juga

BNPB: Gedung Sekolah Terdampak Tanah Longsor di Lebak

Jakarta, KoranSN Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan gedung sekolah di Kampung Tegalumbu, Kabupaten Lebak, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.