Home / Gema Sriwijaya / Tekan Pengangguran, Tenaga Kerja Harus Jadi Wirausaha

Tekan Pengangguran, Tenaga Kerja Harus Jadi Wirausaha


Kejaksaan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan
Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH dalam Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan bagi pencari kerja di Kabupaten Muara Enim. (foto-yudi/koransn)

Muara Enim, KoranSN

Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan untuk menciptakan tenaga kerja ahli siap pakai untuk bekerja di berbagai bidang usaha sekaligus menjadi wirausaha mandiri. Dengan begitu, dapat menekan angka pengangguran.

Demikian diungkapkan Wakil Bupati Muara Enim H Juarsah SH ketika membuka Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Keterampilan bagi pencari kerja di Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2019 yang dilangsungkan di Kantor Dinas Ketenagaerjaan Kabupaten Muara Enim, Selasa (12/3/2019) kemarin.

Baca Juga :   Raja Barat Wakili PALI Beradu Di Sumsel

Kegiatan pelatihan ini diikuti sebanyak 416 peserta dari paket pelatihan pusat dan 112 peserta dari paket pelatihan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Materi pelatihan diberikan mulai dari otomotif, kerajinan tangan, salon kecantikan, garmen dan komputer teknisi dan perkantoran.

Wabup mengatakan kegiatan pelatihan dan keterampilan bagi para pencari kerja merupakan salah satu upaya Pemkab Muara Enim dalam menekan angka pengangguran. Menurutnya, para pencaker sudah selayaknya mendapat pelatihan skil sehingga dapat bersaing guna memenuhi pasar dunia kerja.

“Jangan sampai peluang para pencaker lokal semakin mengecil untuk mendapat kerja, seperti diketahui saat ini tingkat pengangguran semakin bertambah seiring meningkatkan tingkat kelulusan dan terbatasnya lowongan,”ungkapnya.

Baca Juga :   Horee! Tunjangan TPP PSN Empat Lawang Segera Cair

Melalui kegiatan ini, pihaknya pun optimis dapat menciptakan tenega kerja ahli siap pakai dan 1000 pemuda wirasahawan baru.

“Sebab kami meyakini peningkatan kemampuan dan kualitas kerja penting dalam dunia lerja, hal ini menuntut sdm berpacu meningkatkan kualitas diri,”Pungkasnya.

Kepala Disnaker Muara Enim, Siti Herawati mengatakan para pencaker ini dilatih keterampilan yang dibutuhkan berbagai bidang dunia usaha.

Pelatihan ini digelar bertahap yang telah mulai dilaksanakan sejak 26 Februari lalu, totalnya ada 26 paket pelatihan dari pusat dan 7 paket pelatihan dari Pemkab Muara Enim.

“Harapannya, para pencaker dapat segera bekerja ataupun menjadi wirausaha mandiri,”ungkapnya. (yud)

Hotel Grand Inna Palembang

Wujudkan Milenial Cinta Tertib Lalu Lintas Berkeselamatan Menuju Indonesia Gemilang

Publisher : Awid Durrohman

Avatar

Lihat Juga

Safari Ramadhan di Sumber Mukti, Bupati Banyuasin H Askolani: Pembangunan Jalan Penghubung Pulau Rimau Segera Dimulai

Banyuasin, KoranSN Bupati Banyuasin, H Askolani melakukan Safari Ramadhan dan terawih keliling di Desa Sumber …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.