Penyerahan Dokumen Syarat Minimal Dukungan Pasangan Calon Perseorangan Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Tahun 2020
Home / Lacak / Teknisi Helikopter Karhutla Sumsel Asal Rusia Tewas

Teknisi Helikopter Karhutla Sumsel Asal Rusia Tewas

Andrey Sushakov. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Andrey Sushakov (43), warga Negara Rusia yang merupakan teknisi helikopter water bombing kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Sumsel tewas. Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel, Ansori, Selasa (13/8/2019).

Menurut Ansori, dengan tewasnya Andrey pihaknya mengucapkan belasungkawa, karena Andrey sejak awal Juni 2019 lalu sudah berada di Sumsel untuk ikut memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi.

“Adapun jabatan Andrey Sushakov ini, yakni teknisi helikopter water bombing. Dengan kepergian Andrey tentunya kami belasungkawa, apalagi Andrey ini sudah berjasa ikut berperan memadamkan titik api kebakaran lahan dan hutan di Sumsel,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tewasnya Andrey bermula pada 8 Agustus 2019 lalu Andrey yang sedang libur dan tinggal di hotel merasa tidak bisa bernapas dengan normal. Kemudian Andrey dibawah temannya ke Rumah Sakit Siloam.

Baca Juga :   Saat Tidur, Rumah Cik Oneng Terbakar

“Indikasi dokter pada saat itu adalah penyempitan pembuluh darah ke otak, hingga hari itu Andrey dilakukan pemeriksaan lebih intensif di ruang ICU. Setelah dua hari di rawat di rumah sakit, Minggu 11 Agustus 2019 Andrey Sushakov jantungnya berhenti berdetak dan dinyatakan meninggal dunia oleh pihak rumah sakit,” terangnya.

Ansori memastikan jika tewasnya Andrey Sushakov dikarenakan sakit. Hanya saja, pihak rumah sakit tidak dapat menjelaskan secara detail penyakit yang diderita Andrey terkecuali kepada pihak keluarga.
“Kita bersyukur Andrey ini meninggal dunia bukan kerana insiden atau kecelakaan tapi karena sakit, bahkan dua hari Andrey sempat dirawat di rumah sakit,” ungkapnya.

Baca Juga :   Termakan Bujuk Rayu, Motor Jelita Dibawa Kabur Sang Kekasih

Lanjutnya, untuk jenazah Andrey Sushakov saat ini ditempatkan di ruang mayat Rumah Sakit Siloam.
“Dan kini kami masih menunggu pihak keluargannya. Sedangkan untuk otopsi terhadap jenazah, itu baru bisa dilakukan jika ada surat persetujuan dari pihak keluarganya di Rusia,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, Andrey Sushakov berada di Sumsel sebagai teknisi helikopter water bombing setelah ditempatkan oleh BNPB pusat.

“Oleh karena itu kita tidak tahu berapa Andrey Sushakov ini dibayar atau nilai korntraknya selama menjadi teknisi helikopter water bombing di Sumsel. Karena kan BNPB pusat yang mengirimkannya bersamaan tim helikopter water bombing lainnya. Namun dalam hal ini, kami hanya memiliki wewenang memerintakan untuk memadamkan api Kahrutla yang terjadi di Sumsel,” pungkasnya.(ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Pelaku Curas di Muratara Diringkus

Muratara, KoranSN Reno (31), warga Desa Pulau Kidak Kecamatan Ulu Rawas Kabupaten Musi Rawas Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.