Terapi dan Jalani Pengobatan, Pasien Kasus 12 Positif Covid-19 Asal Palembang Sembuh

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Selatan Zen Ahmad (tengah).(foto-dok/humas pemprov sumsel)

Palembang, KoranSN

Juru Bicara (Jubir) Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumsel, dr Achmad Zen, Sabtu (4/4/2020) mengatakan, kasus 12 positif Covid-19 pasien perempuan usia 52 tahun asal Kota Palembang kini dinyatakan sembuh dari virus Covid-19.

Diungkapkannya, sembuhnya pasien kasus 12 tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan swab laboratorium yang diambil dua kali dengan hasil negatif Covid-19. Dengan demikian dari 12 kasus positif Covid-19 di Sumsel saat ini jumlahnya menjadi 11 kasus.

“Selama diisolasi di RSMH Palembang, pasien kasus 12 ini dilakukan terapi dan menjalani pengobatan. Dan hari ini hasil pemeriksaan swab nya, semuanya negatif. Jadi untuk pasien kasus 12 positif Covid-19 dinyatakan sembuh. Hal ini juga telah disampaikan oleh Jubir Satgas di pusat,” katanya.

Masih dikatakannya, sebenarnya pasien kasus 12 ini sudah sejak beberapa hari lalu dijadikan pasien dalam pengawasan (PDP) dan diisolasi di RSMH Palembang. Ketika awal pasien tersebut dirawat, pihaknya telah mengambil sampel swab yang pertama untuk diperiksa di laboratorium. Tak lama kemudian juga diambil sampel swab kedua.

Baca Juga :   Kejuaraan Nasional Perahu Naga Piala Presiden 2018 Berjalan Lancar

“Dari pengambilan sampel swab pertama dan kedua ini, Jumat kemarin (3/4/2020) keluar hasil pemeriksaan swab pertama dengan hasil positif Covid-19. Kemudian hari ini keluar hasil pemeriksaan swab yang diambil di tahap dua, dengan hasil negatif Covid-19. Jadi mengapa pada Jumat kemarin diumumkan positif dan hari ini diumumkan negatif, karena hasil laboratoriumnya lambat keluar,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakannya, sedangkan untuk jumlah orang dalam pemantauan (ODP) di Sumsel, total jumlahnya mencapai 1.525. Namun dari jumlah tersebut 472 telah selesai dilakukan pemantauan, karena kondisi mereka sehat. Maka dari itu untuk ODP yang kini masih dilakukan pemantauan di Sumsel berjumlah 1055 orang.

“Kemudian untuk total pasien dalam pengawasan (PDP) di Sumsel jumlahnya yakni 44 orang. Dari jumlah tersebut, 24 pasien dinyatakan negatif Covid-19 dan telah sehat hingga dipulangkan dari rumah sakit. Sehingga untuk jumlah PDP yang kini masih dirawat di rumah sakit berjumlah 18 orang,” paparnya.

Lanjutnya, dengan adanya kasus positif Covid-19 di Sumsel pihaknya mengimbau masyarakat Sumsel untuk tetap menjaga kesehatan dan ikuti semua arahan pemerintah dengan menerapkan social distancing dan tetap berada di rumah.

Baca Juga :   Terima Penghargaan Warga Kehormatan Brimob, Harnojoyo: Ini Beban Berat

“Masyarakat juga dihimbau jaga pola hidup sehat, jaga kesehatan, jaga tidur dan makan serta hindari pusat keramaian,” tandasnya.

Sementara Yusri yang juga Juru Bicara (Jubir) Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Sumsel menambahkan, untuk tiga pasien positif Covid-19 asal Prabumulih yang ketiganya satu keluarga saat ini telah diisolasi di RSMH Palembang.

“Sebelumnya tiga pasien positif asal Prabumulih ini melakukan isolasi mandiri di rumah. Namun saat ini isolasi ketiganya kita pindahkan ke RSMH Palembang. Sedangkan untuk kondisi kesehatan ketiga pasien tersebut, semuanya baik-baik saja,” tutupnya. (ded)

 

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Banjir dan Longsor Ancam Sumsel

Palembang, KoranSN Bencana banjir dan tanah longsor saat ini menjadi ancaman bagi Sumsel. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.