Terdakwa Dugaan Korupsi Pemeliharaan Jalan di OKUS Divonis 1 Tahun 6 Bulan Penjara

Terdakwa Yatimura (kemaja putih) saat menjalani sidang. (foto-ferdinand/koransn)

Palembang, KoranSN

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tipikor Palembang, Selasa (25/2/2020) menjatuhkan putusan atau vonis kepada terdakwa dugaan korupsi proyek pemeliharaan rutin Jalan Muara Dua OKUS-Kota Batas Provinsi Lampung tahun 2015, yakni terdakwa Yatimura dengan hukuman pidana 1 tahun 6 bulan penjara.

Ketua Majelis Hakim, Kamaludin SH MH didampingi Hakim Anggota Hanifah SH MH dan Arizon Megajaya SH saat membacakan putusan untuk terdakwa dalam persidangan mengatakan, berdasarkan keterangan saksi-saksi, barang bukti dan fakta persidangan pihaknya menilai perbuatan terdakwa Yatimura terbukti telah melakukan perbuatan tindak pidana korupsi hingga mengakibatkan terjadinya kerugian negara sebesar Rp 1.191.147.600.

“Untuk itu, kami Majelis Hakim dengan ini mengadili terdakwa Yatimura dengan hukuman pidana 1 tahun 6 bulan penjara dan denda Rp 50 juta subsider 1 bulan kurungan. Terdakwa juga dibebankan uang pengganti sebesar Rp 161 juta, jika terdakwa tidak membayar uang pengganti tersebut maka asetnya akan disita lalu dilelang. Namun jika hasil lelang tersebut aset terdakawa tidak mencukupi Rp 161 juta, maka terdakwa ditambah hukumannya selama 6 bulan kurungan penjara,” papar Hakim.

Masih dikatakan Hakim, putusan tersebut dijatuhkan kepada terdakwa lantaran perbauatan terdakwa selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) di Dinas PU Bina Marga (BM) dan Tata Ruang Sumsel dalam perkara ini telah menimbulkan kerugian negara dalam kegiatan proyek pemeliharaan rutin Jalan Muara Dua OKUS-Kota Batas Provinsi Lampung.

Baca Juga :   Sidang Dugaan Korupsi Kredit Bank Sumsel Babel, Aran Haryadi: Sumpah Saya Tidak Sama Sekali Terima Fee

“Perbuatan terdakwa tersebut telah melanggar Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Sedangkan hal memberatkan untuk terdakwa dalam perkara ini, yakni terdakwa tidak mendukung program pemerintah tentang pemberantasaan tindak pidana korupsi. Kemudian untuk hal yang meringankan, terdakwa mengembalikan sebagian uang kerugian negara,” tegas Hakim.

Usai membacakan putusan atau vonis, selanjutnya Ketua Majelis Hakim Kamaludin SH MH meminta tanggapan kepada terdakwa dan Jaksa Penuntut Umum (JPU) apakah menerima, pikir-pikir atau melakukan langkah hukum banding.

Dalam persidangan, terdakwa Yatimura mengungkapkan jika dirinya menyatakan pikir-pikir. “Saya pikir-pikir dulu,” ujar terdakawa.

Sedangkan Jaksa Penuntut Umum, Indara Bangsawan SH MM didampingi Romza juga menyatakan pikir-pikir terkait putusan dari Majelis Hakim.

Setelah mendengarkan jawaban dari terdakwa dan JPU, kemudian Ketua Majelis Hakim, Kamaludin SH MH menutup persidangan.

Sementara JPU Kejati Sumsel, Indara Bangsawan SH MM didampingi Romza seusai persidangan mengatakan, pada persidangan tersebut sebelumnya terdakwa Yatimura telah dituntut pihaknya dengan Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi, dengan ancaman pidana 2 tahun penjara.

Baca Juga :   Kejati Kaji Tersangka Baru Dugaan Korupsi Kredit Modal Bank Sumsel Babel

“Selain itu dalam perkara ini terdakwa memang telah mengembalikan kerugian negara sebesar Rp 1.030.000.000,” tutupnya.

Diberitakan sebelumnya, dalam perkara ini, Rabu (2/10/2019) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumsel menahan Yatimura di Rutan Kelas 1 A Pakjo Palembang dalam rangka persiapan persidangan di Pengadilan Negeri Tipikor Palembang.

Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Khidirman saat itu mengatakan, dalam dugaan kasus ini Yatimura selaku PPTK di Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Sumsel ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi proyek pemeliharaan rutin Jalan Muara Dua OKUS-Kota Batas Provinsi Lampung tahun 2015.

“Adapun modus tersangka dalam dugaan kasus ini, yakni membuat laporan fiktif terkait upah pekerja dalam kegiatan pemeliharaan rutin jalan tersebut, sehingga berdasarkan audit BPKP RI negera mengalami kerugian,” ungkapnya. (ded)

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Komplotan Bobol Rumah di Sukarami Diringkus

Palembang, KoranSN Pihak kepolisian Sat Reskrim Polsek Sukarami meringkus tiga pelaku yang merupakan komplotan bobol …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.