Terdakwa Dugaan Penipuan Divonis Bebas, Kejati Ajukan Kasasi

Terdakwa saat dibebaskan dari sel tahanan sementara di Polda Sumsel. (foto-dedy/koransn)

Palembang, KoranSN

Johanes Herry (39), terdakawa dugaan kasus penipuan divonis bebas oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang, sehingga terdakwa keluar dari sel tahanan sementara yang ada di Polda Sumsel, Senin sore (28/9/2020).

Menanggapi hal itu, Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Khaidirman, Selasa (29/9/2020) menegaskan, jika JPU Kejati Sumsel menyatakan mengajukan kasasi atas putusan dari Majelis Hakim tersebut.

Dikatakannya, jika putusan terdakwa Johanes Herry tersebut bukanlah vonis bebas murni. Namun Hakim menilai perkara tersebut merupakan perdata.

“Oleh karena itulah kami melakukan upaya hukum kasasi atas putusan tersebut,” ungkapnya.

Sementara penasehat hukum terdakwa Johanes Herry, yakni Ahmad Julian didampingi Tripinda mengatakan, dalam perkara ini terdakwa didakwa dan dituntut oleh JPU Kejati Sumsel dengan Pasal 378 tentang pidana penipuan.

Baca Juga :   Dua Sejoli Tewas di Sungai Musi

“Namun di persidangan, Majelis Hakim memvonis bebas terdakwa karena menilai perkara ini merupakan perdata bukan pidana, karena menyangkut hutang piutang yang ada perjanjian mengikat antara terdakwa dengan pelapor yang merupakan distributor spare part sepeda motor yang ada di Jambi. Untuk itulah Hakim memvonis bebas terdakwa sehingga terdakwa kini telah dikeluarkan dari sel tahanan sementara di Polda Sumsel,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, adapun terkait hutang piutang dalam perkara ini, karena usaha terdakwa menjual spare part sepeda motor bangkrut hingga membuat terdakwa tidak dapat membayarkan pembayaran uang sekitar Rp 600 juta atas pembilan spare part dari pelapor yang merupakan pihak distributor.

Baca Juga :   Kapolresta Tegaskan Pelaku Kejahatan Meresahkan di Palembang Berakhir di Liang Kubur

“Namun dalam perkara ini terdakwa sudah memiliki itikat baik, seperti upaya mencicil uang pembayaran pembelian spare part sepeda motor yang belum dibayarkan ke distributornya tersebut,” tutupnya. (ded)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

KPK Dalami Keterlibatan Juarsah Dalam Kasus OTT Bupati Muara Enim

Palembang, KoranSN Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK, Ricky BM, Selasa (20/10/2020) mengatakan, jika pihaknya saat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.